4 Obat Tanpa Resep yang Sebaiknya Tak Diminum Ibu Menyusui

Ivana Okta09 Apr 2019, 15:59 WIB
obat

Fimela.com, Jakarta ASI merupakan nutrisi yang sangat penting untuk bayi. Karena itu ibu akan selalu berusaha memberikan asupan terbaik untuk anaknya. Saat sakit ibu pasti akan sangat galau. Ini karena ibu tak bisa sembarangan mengonsumsi obat untuk meredakan sakitnya. Kandungan obat tertentu bisa menghambat produksi ASI yang sangat penting untuk bayi. Kemungkinan zat dari obat juga bisa mempengaruhi kesehatan si kecil.

Ibu menyusui tak boleh sembarangan minum obat

Nah, berikut ini adalah beberapa obat tanpa resep yang sebaiknya dihindari oleh ibu yang sedang menyusui:

  • Aspirin sangat tidak dianjurkan untuk ibu yang sedang menyusui. Pemakaian aspirin selama ibu menyusui dikaitkan dengan gangguan serius pada bayi. Salah satunya adalah sindrom Reye.
  • Untuk yang mengalami hidung tersumbat tentu perlu obat dekongestan. Untuk yang sedang menyusui, obat pseudoepherine tidak disarankan. Ini karena obat ini bisa mengurangi produksi ASI. Kandungan ini akan menyempitkan arteriol atau pembuluh darah yang ada di payudara. ASI pun hanya akan keluar sedikit saja.
  • Untuk ibu yang mengalami migrain atau sakit kepala sebisa mungkin hindari obat yang ergotamine. Kandungan obat ini bisa berdampak buruk untuk bayi. Obat ini bisa menyebabkan gejala muntah, diare, denyut nadi lemah, dan tekanan darah menjadi tidak stabil. Ibu harus ekstra hati-hati.
  • Obat reserpine juga tak dianjurkan untuk ibu menyusui. Ada yang menyebutkan bahwa obat ini bisa menyebabkan penyumbatan pada hidung bayi.

Sahabat Fimela, saat sedang sakit di masa hamil atau menyusui memang sebaiknya berkonsultasi dengan dokter dulu sebelum mengonsumsi obat-obatan tertentu untuk meredakan sakit yang diderita.

Lanjutkan Membaca ↓