Pertolongan Rumahan untuk Anak Sakit Batuk

Ivana Okta11 Apr 2019, 15:15 WIB
batuk

Fimela.com, Jakarta Salah satu sakit yang sering menimpa si kecil adalah batuk. Batuk bisa dikarenakan banyak hal. Bisa jadi karena infeksi saluran pernapasan karena virus, asap, debu, atau zat lain. Bisa juga batuk disebabkan oleh alergi, sinusitis atau refluks asam lambung.

Ibu tak perlu panik. Berikut adalah pertolongan rumahan yang bisa diberikan pada anak saat ia batuk. Setelah memeriksakan anak ke dokter dan mendapat obat, ibu sebaiknya melakukan tips berikut agar si kecil cepat sembuh.

2 of 2

Tips Mudah Anak Cepat Sembuh dari Batuk

  • Yang pertama dan terpenting adalah ibu harus memastikan si kecil istirahat dengan cukup. Lama istirahat sebenarnya tergantung dari parah tidaknya batuk dan gejala lainnya. Batuk kadang disertai dengan demam atau pilek. Biasanya anak perlu untuk istirahat selama 2-3 hari.
  • Pastikan si kecil minum air yang cukup guna mencegah dehidrasi. Jangan sampai anak mengalami dehidrasi karena akan membuat batuk pada anak makin parah kondisinya.
  • Jaga makan dan minum si kecil. Hindari memberikan minuman manis, minuman dingin, dan makanan yang digoreng. Sediakan makanan dengan kuah hangat yang akan membuat tenggorokan terasa lebih nyaman dan tak gatal.
  • Jauhkan akan dari alergen. Ibu harus menjaga kebersihan kasur dan lingkungan rumah. Debu bisa membuat batuk makin parah.
  • Agar anak merasa nyaman saat tidur, ibu sebaiknya mengusahakan agar dia tidur dengan posisi kepala yang agak diangkat. Ganjal kepalanya dengan bantal yang tinggi dan sebaiknya hindari posisi tidur telentang. Tidur telentang akan membuat lendir menumpuk di tenggorokan dan menghalangi pernapasan si kecil.

Nah, itu tadi adalah sederet tips agar si kecil cepat sembuh dari batuk. Semoga bermanfaat ya Mom!

Lanjutkan Membaca ↓