Cara Mudah Ajarkan Anak Untuk Bersabar

Ivana Okta12 Apr 2019, 15:48 WIB
Anak dan Ibu

Fimela.com, Jakarta Mengajarkan kesabaran pada anak memang susah. Menumbuhkan sikap sabar pada anak memang membutuhkan latihan terus menerus. Tapi ini bisa diajarkan sejak ia kecil atau balita. Dengan mengajarkan anak untuk sabar dari kecil, diharapkan nanti ia akan bisa menjadi sosok yang tidak gegabah dan lebih tenang di masa depan.

Lalu, bagaimana sih cara ibu melatih kesabaran si kecil sejak dini? Intip tipsnya di sini yuk.

2 of 2

Dimulai dari orangtua.

  • Yang pertama adalah latih anak untuk menunggu. Ibu bisa melatih si kecil dari hal yang sederhana. Jangan lupa ucapkan “Tunggu dulu, ya”, saat ia mulai meminta sesuatu. Dengan begini, ia akan belajar untuk bersabar saat akan meminta apa yang diinginkan.
  • Ibu harus super sabar dalam mengajarkan kesabaran pada si kecil. Anak pasti akan meniru apa yang orangtuanya lakukan. Karena itu, jika orangtuanya bersabar, si kecil pasti akan lebih mudah untuk belajar sabar juga.
  • Orangtua wajib menanggapi perilaku anak secara tenang. Sikap ini akan sangat efektif dalam mengajarkan kesabaran padanya.

Anak bakal terlatih untuk tak memaksakan apa yang ia inginkan dan belajar menunggu saat meminta sesuatu pada orangtuanya. Memang tak mudah, tapi perlahan si kecil pasti akan terbiasa untuk ikut bersabar seperti apa yang dilakukan oleh orangtuanya. Semoga informasi ini bermanfaat ya Sahabat Fimela.

 

Lanjutkan Membaca ↓