Tips Menyusui Saat Bayi Mulai Tumbuh Gigi

Ivana Okta13 Apr 2019, 12:15 WIB
menyusui

Fimela.com, Jakarta Saat anak mulai tumbuh gigi, menyusui pun jadi semakin menantang. Ibu jelas akan merasa tak nyaman karena si kecil akan menggigit dan menarik puting payudara. Si kecil pun akan jadi lebih rewel dari biasanya. Fase ini biasanya mulai dari si kecil berusia 4 hingga 7 bulan.

2 of 2

Anak mulai menggigit karena gusi terasa tak nyaman.

Bagi yang akan mengalami hal ini, berikut tips yang bisa dicoba agar menyusui bisa tetap nyaman tanpa takut puting payudara terluka.

  • Bayi akan menggigit puting susu ibu saat menyusu sebagai usahanya untuk meredakan rasa sakit dan gatal pada gusinya. Karena itu ibu bisa mencoba memberikan mainan kenyal atau teether yang bisa digigit sebelum dan sesudah menyusui.
  • Sebelum menyusui, ibu bisa memijat gusi si kecil agar nyaman. Gusi bayi akan bengkak dan memerah karena gigi yang tumbuh. Saat gusi terasa nyaman, si kecil tak akan banyak menggigit puting payudara ibu.
  • Ibu juga bisa menyelipkan jari di antara mulut bayi dan puting. Letakkan saja telunjuk dan kelingking ke sudut mulut bayi di antara gusinya.
  • Mengubah posisi menyusui bisa mencegah puting yang membengkak akibat gigitan bayi. Pilih posisi menyusui yang nyaman dan bisa melakukan kontak mata dengan si kecil.

Nah, semoga tips ini bermanfaat untukmu ya Sahabat Fimela. Nantikan tips parenting lainnya hanya di Fimela.com.

Lanjutkan Membaca ↓