Stres Hingga Obesitas, Ini 5 Penyebab Perempuan Susah Hamil

Mimi Rohmitriasih15 Apr 2019, 12:49 WIB
Galau

Fimela.com, Jakarta Setelah menikah, pasangan suami istri tentunya akan sangat bahagia ketika keduanya mendapati bahwa mereka akan memiliki buah hati. Bagi beberapa pasangan setelah menikah tidak butuh waktu lama buat keduanya untuk mendapatkan buah hati. Namun tidak sedikit pasangan yang harus menunggu dalam waktu lama bahkan bertahun-tahun agar mereka mendapatkan buah hati.

Melansir dari laman parenting.com, ada beberapa penyebab kenapa pasangan suami istri membutuhkan waktu lama agar bisa memiliki buah hati. Salah satu penyebab tersebut adalah kesuburan yang kurang. Selain itu, ada beberapa penyebab lain kenapa perempuan susah hamil. Penyebab tersebut antara lain sebagai berikut.

2 of 4

Stres, Obesitas dan Adanya Masalah di Organ Intim

galau
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Stres

Menurut Dr. Brian Kaplan dari Fertility Centers of Illinois, stres bisa menghambat program kehamilan. Stres berlebih bisa membuat pembuahan selama berhubungan intim tidak berjalan lancar. Stres juga meningkatkan berbagai masalah kesehatan tubuh yang akhirnya mengurangi peluang hamil. Jika ingin segera hamil, usahakan agar mengelola stres dengan baik. Pastikan untuk selalu tenang dan bahagia.

Obesitas

Penyebab selanjutnya yang bisa bikin susah hamil adalah obesitas. Para ahli percaya jika obesitas bisa meningjkatkan berbagai masalah kesehatan termasuk masalah kesuburan. Penelitian menemukan jika sebesar 30% masalah ketidaksuburan disebabkan oleh obesitas.

Penyakit Pada Organ Intim

Adanya penyakit pada organ intim juga bisa menyebabkan masalah ketidaksuburan pada perempuan. Jika merasa ada masalah pada organ intim dan sedang menjalani program kehamilan, disarankan agar Sahabat Fimela mengonsultasikan masalah kesehatan ini dengan dokter atau bidan ahlinya. 60% penyebab perempuan susah hamil adalah adanya sumbatan pada tuba falopi yakni saluran yang menghubungan antara indung telur dan rahim.

3 of 4

Pola Hidup Tak Sehat Menurunkan Kesuburan

Galau
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Pola Hidup Tidak Sehat

Pola hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol, konsumsi obat-obatan terlarang dan merokok bisa menurunkan kesuburan. Jika ingin segera hamil, pastikan untuk menghilangkan kebiasaan hidup tak sehat ini. Sebaiknya perbanyak sayur dan buah untuk meningkatkan kesuburan.

Intensitas Hubungan Intim

Intensitas berhubungan intim dengan suami juga bisa menjadi penentu seorang perempuan segera hamil atau tidak. Agar Sahabat Fimela bisa segera hamil, para ahli menyarankan agar tidak melakukan hubungan intim terlalu sering pun terlalu jarang. Idealnya, hubungan intim dilakukan 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Itulah beberapa penyebab perempuan susah hamil. Selain penyebab di atas, penyebab lain yang juga menurunkan kesuburan adalah suami mengalami gangguan kesuburan, menderita penyakit tertentu, pernah menunda kehamilan sebelumnya dengan minum pil KB atau sejenisnya, sel telur yang lemah, rahim yang tidak mendukung dan masih banyak lagi.

Semoga informasi ini bermanfaat dan pastikan untuk mengonsultasikan program kehamilan dengan bidan atau ahlinya jika dirasa ada yang kurang maksimal dengan dirimu maupun pasangan.

 

4 of 4

Simak Juga Video Berikut:

Lanjutkan Membaca ↓