5 Cara Mempersiapkan Anak Masuk Sekolah untuk Pertama Kali

Mimi Rohmitriasih20 Apr 2019, 09:15 WIB
Anak Sekolah

Fimela.com, Jakarta Adakah Sahabat Fimela yang hendak memasukkan buah hati atau anaknya ke bangku sekolah untuk pertama kali tahun ini? Meski tahun ajaran baru masih terbilang lama, tidak ada salahnya bagi Mom untuk mempersiapkan segalanya mulai sekarang. Melakukan persiapan ini demi meyakinkan anak bahwa sekolah adalah tempat yang menyenangkan sekaligus mengesankan.

Mempersiapkan anak masuk sekolah sejak dini juga akan membuat anak merasa lebih berani, percaya diri serta yakin untuk mengenal dunia yang dianggap baru buatnya. Bagaimana cara mempersiapkan anak masuk sekolah untuk pertama kali? Melansir dari laman babycenter.com, berikut beberapa caranya.

Jelaskan Sekolah Itu Apa

Anak dan Ibu
Ilustrasi/copyright unsplash.com/Alvaro Reyes

Jelaskan Sekolah Itu Apa

Jelaskan pada anak sekolah itu apa, bagaimana kegiatan atau aktivitas di dalamnya, kenapa ia harus sekolah dan hal apa saja yang menyenangkan yang akan didapat anak ketika ia mau sekolah. Cobalah untuk menjelaskan hal-hal ini sesuai dengan kemampuan anak. Jelaskan pakai bahasa yang ringan, mudah diterima dan sesederhana mungkin. Ketika anak mengetahui secara garis besar tentang apa itu sekolah, ini akan membuatnya semakin semangat sekolah.

Tingkatkan Rasa Percaya Diri, Keberanian dan Kemandirian Anak

Sebelum benar-benar mengirim anak ke sekolah dan bertemu banyak orang baru, cobalah untuk meningkatkan rasa percaya diri anak, rasa keberanian serta kemandiriannya. Ketika anak memiliki rasa percaya diri, keberanian serta kemandirian yang mengesankan, ini akan memudahkannya melakukan sosialisasi dengan sekolah barunya, dengan teman-teman barunya dan juga dengan guru barunya.

Ajari Anak Bersosialisasi

Anak dan Ibu
Ilustrasi/copyright pixabay.com/Free-Photos

Ajari Anak Bersosialisasi

Usahakan untuk mengajari anak cara bersosialisasi sejak sedini mungkin. Ajari juga bagaimana berlaku sopan, santun dan bertata krama di luar rumah. Meski kelihatannya sepele, hal ini sangat penting untuk membentuk karakter anak yang baik di rumah maupun di sekolah. Ketika anak terbiasa melakukan sosialisasi, ini juga akan memudahkannya bertemu teman baru di sekolah.

Kunjungi Sekolah Anak

Ketika ada waktu luang, pastikan untuk mengajak anak mengunjungi sekolah mana yang hendak menjadi sekolahnya suatu saat nanti. Melansir dari laman ahaparenting.com, dengan mengunjungi sekolah sebelum waktu masuk sekolah, anak tidak akan kaget apalagi minder. Berkunjung ke sekolah juga memungkinkan anak untuk menentukan sekolah pilihannya sendiri.

Pahami Betul Sekolah yang Hendak Menjadi Sekolah Anak

Ibu dan Anak
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Pahami Betul Sekolah yang Hendak Menjadi Sekolah Anak

Pastikan untuk memahami betul sekolah yang akan menjadi sekolah anak. Cari tahu apakah itu sekolah terbaik untuk anak, bagaimana dengan guru-gurunya, dengan siswanya, dengan sistem pembelajarannya dan berbagai halnya. Ketika Mom yakin itu adalah sekolah terbaik untuk anak, ini akan membuat Mom semakin tenang dan nyaman mengirim anak ke sekolah tersebut.

Itulah beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum memasukkan anak ke sekolah pertamanya. Oh iya, di hari pertama sekolah, pastikan untuk mau mengantar anak ke sekolah ya Mom. Mendampingin anak memasuki sekolah pertamanya akan membuat anak merasa lebih tenang, percaya diri dan nyaman. Ini juga memungkinkan ia merasa lebih senang memasuki dunia yang baginya adalah dunia baru.

Simak Juga Video Pilihan Ini:

Lanjutkan Membaca ↓