Berhubungan Intim Saat Hamil, Seberapa Sering Boleh Dilakukan?

Mimi Rohmitriasih16 Apr 2019, 18:32 WIB
Seks Hamil

Fimela.com, Jakarta Bagi pasangan suami istri, berhubungan intim merupakan aktivitas yang penting untuk dilakukan. Berhubungan intim akan membuat suami istri merasa semakin dekat satu sama lain, merasa semakin cinta dan pastinya merasa semakin bersemangat. Mengenai aktivitas berhubungan intim, sebaiknya kehamilan tidak menjadi penghalang bagi ibu hamil untuk tetap melakukan hubungan intim dengan suami.

Melansir dari laman babycenter.com, melakukan hubungan intim selama kehamilan tetap aman dilakukan selama itu dilakukan dengan hati-hati. Agar hubungan intim tetap aman selama kehamilan, pastikan untuk melakukannya dengan posisi yang tepat. Pastikan juga untuk melakukannya di waktu yang tepat. Ingat juga, suami pun istri harus tahu seberapa sering hubungan intim boleh dilakukan selama kehamilan.

Keinginan Berhubungan Intim Saat Hamil Wajar

Seks Saat Hamil
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Munculnya keinginan untuk berhubungan intim selama kehamilan adalah hal yang wajar. Perubahan hormon di tubuh akan mendorong seseorang memiliki keinginan lebih besar buat berhubungan intim. Beberapa perempuan bahkan akan merasa lebih bergairah selama kehamilannya.

Dalam melakukan hubungan intim tak perlu khawatir jika penetrasi akan menyakiti atau berbahaya buat kandungan. Para ahli mengatakan jika ototo-otot dalam rahim cukup kuat untuk menjaga janin di kandungan tetap aman. Lantas, kapan sebaiknya hubungan intim selama ini boleh dilakukan? Penelitian menyebutkan jika di usia kehamilan yang masih terlalu muda sebaiknya berhubungan intim dihindari dulu. Dikhawatirkan cairan sperma yang mengandung senyawa prostaglandin bisa menyebabkan rasa mulas hingga kontraksi yang bisa berbahaya buat kandungan.

Di usia kehamilan 37 hingga 42 minggu sebaiknya hubungan intim juga tidak dilakukan. Di waktu ini, janin sudah memasuki rongga panggul sehingga berhubungan intim dikhawatirkan bisa menyebabkan pendarahan bahkan persalinan diri. Berhubungan intim selama kehamilan dianjurkan untuk dilakukan di usia kandungan lebih dari 3 bulan hingga usia 7 bulan.

Seberapa Sering Hubungan Intim Boleh Dilakukan

Seks Saat Hamil
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Selama kandungan Mom tidak mengalami masalah, melakukan hubungan intim sesering mungkin boleh-boleh saja. Namun, tidak dianjurkan untuk melakukan hubungan intim yang terlalu sering misalnya lebih dari 3 kali seminggu. Berhubungan intim yang terlalu sering dikhawatirkan bisa menyebabkan masalah infeksi saluran kencing.

Jika Mom ingin melakukan hubungan intim dengan suami, sebaiknya konsultasikan dulu ini dengan dokter atau bidan. Tanyakan seberapa sering kalian boleh melakukannya, kapan melakukannya dan posisi seperti apa yang aman buat kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Simak Juga Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓