Sukses

Parenting

Benarkah Operasi Caesar Benar-benar Aman Untuk Ibu dan Janin?

Fimela.com, Jakarta Saat ini, proses persalinan caesar atau SC (Sectio Caesarea) banyak digunakan. Selain dipercaya lebih mudah, proses persalinan ini juga dipercaya lebih aman buat ibu maupun janin yang dilahirkan. Namun, benarkah operasi caesar benar-benar aman?

Melansir dari laman hellosehat.com, persalinan dengan operasi caesar memang aman. Namun, bukan berarti operasi ini tidak berbahaya ya Sahabat Fimela. Proses persalinan normal maupun caesar keduanya sama-sama memiliki risiko yang tinggi bagi ibu dan janin. Terlebih lagi ketika proses persalinan ini tidak dilakukan dengan cara yang tepat.

Para ahli menyatakan jika prosedur operasi caesar bisa menyebabkan masalh fatal selama persalinan. Melahirkan dengan proses persalinan ini sendiri bisa menimbulkan beberapa komplikasi pada ibu maupun janin.

Komplikasi Pada Ibu dan Janin

Ada beberapa komplikasi yang besar kemungkinan dialami ibu setelah melakukan operasi caesar. Komplikasi tersebut mulai dari adanya risiko trauma organ tubuh seperti usus, kandung kemih dan pembuluh darah. Para ahli percaya jika prosedur operasi caesar juga bisa meningkatkan risiko melemahnya rahim sehingga akan berisiko pada persalinan selanjutnya.

Dibandingkan proses persalinan normal, pada proses persalinan caesar angka kejadian infeksi dan tromboemboli akan lebih tinggi. Ibu juga akan membutuhkan waktu pemulihan yang lebih lama setelah operasi caesar. Karena operasi ini mengharuskan ibu dibius terlebih dahulu baik bius lokal maupun umum, ini bisa saja membuat ibu mengalami komplikasi akibat penggunaan obat-obatan bius tersebut.

Beberapa penelitian bahkan menyebutkan jika operasi caesar bisa saja meningkatkan risiko plasenta menempel di tempat yang tidak seharusnya pada proses persalinan selanjutnya. Sementara itu, pada janin komplikasi yang mungkin terjadi adalah trauma. Trauma ini bisa karena pisau dokter pada saat operasi mengenai janin. Melalui operasi caesar, janin juga bisa mengalami sindrom distres pernafasan yang bersifat sementara karena janin tidak melewati tekanan di jalan lahir seperti halnya pada kelahiran normal.

Pada dasarnya, operasi caesar bisa memberikan banyak manfaat pada ibu dan janin. Namun, tidak menutup kemungkinan operasi ini akan memberikan risiko atau komplikasi berbahaya pada keduanya. Ketika memilih proses persalinan, sebaiknya konsultasikan dulu hal ini dengan dokter dan bidan ahlinya ya Sahabat Fimela. Melahirkan secara normal atau pun caesar sebenarnya sama baiknya dan sama-sama berjuangnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Simak Juga Video Berikut Ini:

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading