Sukses

Parenting

Setelah Operasi Caesar, Kapan Waktu Terbaik untuk Hamil Lagi?

Fimela.com, Jakarta Proses persalinan dengan operasi caesar terkadang harus menjadi pilihan. Ini demi menjaga keselamatan ibu dan janin agar lebih baik lagi. Namun sayangnya, dibandingkan dengan persalinan normal, waktu pemulihan dari persalinan caesar membutuhkan waktu yang terbilang cukup lama. Perawatan selepas operasi caesar pun harus lebih hati-hati.

Melansir dari laman parents.com, Mom yang melahirkan dengan proses persalinan caesar bahkan dikatakan harus menunggu waktu cukup lama untuk hamil lagi. Setelah operasi caesar, Mom disarankan agar tidak cepat-cepat mengandung lagi karena dikhawatirkan bisa berisiko bagi ibu maupun janin di kandungan.

Kapan Mom Boleh Hamil Lagi Setelah Operasi Caesar?

Lantas, kapan Mom boleh hamil lagi setelah operasi caesar? Berapa lama waktu yang harus ditunggu agar Mom bisa mengandung dan melahirkan lagi? Menurut para ahli di laman babycenter.com, Mom sebaiknya menunda kehamilan ke dua ke tiga dan seterusnya selepas operasi caesar. Waktu untuk menunda ini antara 18 hingga 24 bulan setelah caesar.

Menunda kehamilan hingga waktu yang ditentukan ini bertujuan untuk menghindari risiko komplikasi seperti keguguran atau melahirkan bayi dengan berat rendah. Penundaan ini juga dilakukan untuk memastikan bahwa luka jahitan caesar yang terlebih dahulu benar-benar kering dan pulih dengan baik.

Risiko Hamil Terlalu Cepat Setelah Operasi Caesar

Kehamilan yang terlalu cepat selepas melahirkan secaea caesar bisa meningkatkan risiko keguguran. Ini juga bisa meningkatkan risiko plasenta menempel di dinding rahim bagian bawah sehingga menghalangi jalan lahir bayi. Kehamilan yang terlalu cepat pasca caesar juga bisa meningkatkan risiko abrupsio plasenta atau kondisi di mana sebagian atau seluruh plasenta terpisah dari dinding rahim sehingga berisiko pendarahan.

Kehamilan yang terlalu cepat kurang dari 18 bulan juga bisa meningkatkan risiko ruptur uteri atau rahim sobek yang diakibatkan oleh luka jahitan yang belum pulih atau sembuh secara sempurna. Jika ingin hamil lagi setelah operasi caesar, sebaiknya tunggu hingga 18 bulan atau lebih. Sahabat Fimela juga bisa mengonsultasikan hal ini dengan dokter atau bidan ahlinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Simak Juga Video Berikut:

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading