Sukses

Parenting

Cara Mengajarkan Puasa Ramadan ke Anak untuk Pertama Kalinya

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan tinggal beberapa hari lagi. Bagi Sahabat Fimela yang akan menjalaninya, sudah melakukan persiapan apa saja untuk menyambut bulan yang penuh rahmat tersebut? Sudahkah Sahabat Fimela mengenalkan kewajiban berpuasa pada buah hati pula di rumah?

Pada dasarnya, anak yang masih kecil atau belum baligh memang tidak diwajibkan menjalankan ibadah puasa Ramadan. Hanya saja, tidak ada salahnya kan jika kita mulai mengenalkan anak pada kewajiban berpuasa pada bulan Ramadan. Jika tahun ini adalah tahun pertama anak diajarkan untuk berpuasa Ramadan, pastikan untuk mengajarkan puasa tersebut dengan sebaik mungkin. Hindari memaksa anak berpuasa jika memang dia belum kuat berpuasa.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengajarkan anak puasa Ramadan di kali pertamanya. Begini caranya Sahabat Fimela.

Berikan Contoh dan Jangan Memaksa

Berikan Contoh

Cara paling mudah untuk mengajarkan anak berpuasa anak adalah memberinya contoh. Jika ingin anak berpuasa, pastikan jika Mom dan suami serta semua keluarga di rumah berpuasa. Tanpa meminta anak berpuasa, ketika anak melihat orangtua dan keluarganya berpuasa, ia akan tertarik mengenal lebih dalam apa itu puasa. Anak pun juga akan tertarik untuk mulai belajar berpuasa.

Jangan Memaksa Anak

Tak perlu memaksa anak untuk melakukan puasa jika memang dia belum kuat. Mulai mengajari anak puasa seperempat hari, setengah hari dan sehari penuh. Coba ajari dengan membatasi porsi makan dan minum anak selama jam puasa. Batasi juga makanan apa yang boleh dimakan selama jam puasa. Sebaiknya, mintalah anak menghindari makanan yang disukai anak selama jam puasa.

Beri Penghargaan

Beri Penghargaan

Jika anak berhasil menjalankan puasa, berilah dia penghargaan. Penghargaan ini bisa dengan mengucapkan terima kasih dan selamat, memasakkan masakan kesukaan dia di jam berbuka serta sahur atau memberinya hadiah yang sudah lama diinginkannya. Meski memberi penghargaan ini disarankan, sebaiknya penghargaan ini tidak dilakukan secara berlebihan. Anak yang terbiasa mendapat penghargaan akan menganggap apa yang dilakukannya hanya sebatas untuk mendapat penghargaan saja.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengajarkan ibadah puasa Ramadan ke anak. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Simak Juga Video Berikut:

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading