Idealnya, Kapan Sebaiknya Anak Mulai Belajar Membaca?

Mimi Rohmitriasih26 Apr 2019, 12:45 WIB
Anak Membaca

Fimela.com, Jakarta Mendapati buah hati tumbuh dan berkembang menjadi anak yang cerdas tentu menjadi kebahagiaan tersendiri buat setiap orangtua. Di era yang serba kompetitif sekarang ini, tidak sedikit orangtua yang mendorong anak-anaknya untuk belajar lebih giat sejak usianya sedini mungkin. Termasuk mendorong anak untuk bisa membaca di usia yang masih sangat belia.

Mengenai anak yang belajar membaca, menulis serta menghitung, idealnya di usia berapa pelajaran ini sebaiknya mulai diberikan ke anak? Melansir dari laman babycenter.com, seorang profesor bernama Bev Brenna dari University of Saskatchewan, Kanada menyebutkan jika tidak ada usia spesik kapan anak harus mulai belajar membaca.

Usia Berapa Anak Mulai Membaca

Anak baca buku
ilustrasi/copyright unsplash.com/Ben White

Sementara itu, Carol Leroy seorang direktur Pusat Membaca dan Bahasa dari University of Alberta, Kanada mengungkapkan jika usia ideal anak untuk diajar membaca adalah anak berusia sekitar 6 tahun. Di usia ini akan sudah memiliki kemampuan yang matang untuk memulai mengenal huruf pun membaca.

Peneliti lain yakni Susan R. Johnson yang juga merupakan dokter dan pakar perkembangan anak mengungkapkan jika ketika anak berusia 7 tahun, perkembangan saraf otaknya sudah cukup matang untuk menerima pelajaran membaca, menulis maupun berhitung.

Meski anak idealnya mulai belajar membaca pada usia 6 hingga 7 tahunan, mengajarinya membaca sejak anak berusia sedini mungkin tetap baik. Anak yang diperkenalkan dengan aktivitas membaca dan menulis sejak sedini mungkin dikatakan akan memiliki ketertarikan dalam dunia tulis menulis sejak sedini mungkin. Ini juga akan membuatnya punya hobi membaca saat ia dewasa kelak.

Semoga informasi ini bermanfaat ya Mom.

Simak Juga Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓