Alasan Ilmiah Hamil di Usia Muda Bisa Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Mimi Rohmitriasih03 Mei 2019, 11:45 WIB
Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Sejauh ini, kanker payudara masih menjadi penyakit mematikan yang banyak menyerang perempuan. Kanker payudara sendiri menjadi penyakit paling mematikan karena gejala dari kanker ini jarang sekali disadari penderitanya di stadium awal.

Mengenai kanker payudara, penelitian yang dilakukan para ahli menemukan jika kanker ini bisa dicegah atau risikonya diturunkan dengan menikah serta mengalami kehamilan di usia muda. Melansir dari laman Medical Daily, ditemukan bahwa perempuan yang hamil di usia 20an tahun mengalami risiko kanker payudara 50 persen lebih rendah dari perempuan yang hamil di atas usia 30 tahun.

Kehamilan Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Hamil
ilustrasi/copyright shutterstock.com

Para peneliti menemukan jika berkurangnya gen Wnt4 dan Notch berbanding lurus dengan risiko kanker payudara pada perempuan yang hamil di usia muda. Mohamed Bentires-Alj, seorang peneliti di Friedrich Miescher Institute for Biomedical Research mengatakan, "Penurunan regulasi gen Wnt4 jarang ditemukan pada kasus kanker. Jumlah gen Wnt4 dan Notch yang menurun selama kehamilan bisa menurunkan risiko pertumbuhan kanker payudara pada perempuan."

Penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Cancer Research menunjukkan jika kehamilan dan menyusui bisa menurunkan risiko kanker pada diri perempuan. Agar terhindar dari risiko kanker payudara, pastikan untuk menerapkan pola hidup sehat. Pastikan juga untuk memeriksakan kondisi kesehatan secepat mungkin jika ditemukan sesuatu yang mengganjal terlebih di area payudara maupun sekitarnya.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Simak Juga Video Berikut Ini:

Sosok Pahlawan Masa Kini
Jadi seorang pahlawan tak perlu menunggu momen besar, apalagi pengakuan dari orang di sekeliling kita. Setiap hari kita bisa jadi pahlawan, sebab pahlawan siap berkorban untuk melindungi orang di sekitarnya.
Lanjutkan Membaca ↓