Jenis Makanan yang Dihindari untuk Anak saat Puasa, Apa Saja?

Endah Wijayanti09 Mei 2019, 14:15 WIB
makanan dihindari untuk anak

Fimela.com, Jakarta Menyemangati anak untuk mau berpuasa selama bulan Ramadan juga perlu diimbangi dengan membantu mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisinya. Penting juga untuk membantu anak memilih dan memilah makanan yang tepat saat sahur dan berbuka. Sebab ada jenis makanan tertentu yang sebaiknya dihindari untuk anak agar puasanya lancar.

Apa saja jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari anak agar puasanya lancar? Dilansir dari 800doctor.com, anak-anak perlu menghindari minuman bersoda saat sahur dan berbuka untuk mencegah perut kembung dan menjaga pencernaan. Makanan yang mengandung terlalu banyak gula atau pemanis juga sebaiknya dihindari, sebab kandungan nutrisinya kurang. Makanan yang terlalu asin juga juga perlu dibatasi saat sahur untuk mencegah anak gampang haus saat puasa.

Beberapa jenis makanan lain yang perlu dihindari anak saat sahur dan berbuka puasa adalah makanan yang terlalu pedas, terlalu berminyak, dan terlalu berlemak. Kita juga perlu mengarahkan anak untuk tidak kebanyakan makan saat sahur dan berbuka. Pastikan konsumsi makanan dan minumnya cukup selama sahur dan berbuka agar bisa kuat menjalani ibadah puasa. Saat berbuka, cegah anak dari mengonsumsi makanan yang terlalu manis atau asam. Arahkan untuk minum air putih terlebih dahulu dan bisa disarankan untuk makan buah kurma sebelum beberapa menit kemudian makan besar.

 

Anak Rentan Dehidrasi

Anak Puasa
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Fatma Souikey, Clinical Dietitian Supervisor at Hamad General Hospital, seperti yang dilansir dari hamad.qa menyebutkan bahwa anak-anak berisiko tinggi mengalami dehidrasi jadi penting bagi orangtua untuk memonitor aktivitas anak dan memastikan anak-anak makan perlahan dan tidak berlebihan. Pastikan anak-anak bisa mendapat asupan makanan yang cukup dengan menghindari makanan yang tinggi kadar lemak dan gulanya. Untuk sahur, Fatma menyarankan untuk menghidangkan menu kaya serat seperti gandum utuh, buah-buahan, dan sayur untuk anak. Minuman yang disarankan adalah air putih, sebisa mungkin hindari kopi, teh, dan minuman bersoda.

Semoga info ini bermanfaat ya dan membantu kita untuk membuat anak lebih semangat puasa dengan tubuh yang sehat. Mengajarkan dan membiasakan anak untuk berpuasa memang butuh proses tersendiri.

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓