4 Ide Aktivitas Seru Ngabuburit dengan Anak

Endah Wijayanti11 Mei 2019, 16:15 WIB
ide ngabuburit

Fimela.com, Jakarta Menjelang waktu berbuka puasa Ramadan, pastinya kita tak sabar untuk bisa langsung menyantap aneka hidangan lezat. Anak-anak pun mungkin juga jadi makin tak sabar menunggu bedug Magrib. Untuk mengisi waktu ngabuburit, ada berbagai aktivita seru yang bisa dilakukan bersama anak.

Sembari memanfaatkan momen Ramadan untuk menciptakan momen dan pengalaman tak terlupakan pada anak, kita bisa sekaligus menanamkan nilai-nilai positif yang berkaitan dengan bulan suci ini. Berikut beberapa ide aktivitas ngabuburit seru yang bisa dilakukan bersama anak. Kita juga bisa bebas mengadaptasi dan memodifikasinya sesuai kebutuhan, ya.

1. Membuat Pernak-Pernik Bertema Ramadan

Sekaligus mengasah daya kreativitas anak, kita bisa membuat aneka pernak-pernik bertema Ramadan. Berbekal aneka kertas lipat, kertas warna-warni, spidol, dan gunting, kita bisa membuat berbagai dekorasi dan pernak-pernik untuk memeriahkan atmosfer Ramadan di rumah. Kegiatan ini bisa membuat waktu untuk menunggu waktu berbuka puasa jadi tidak terasa lama.

2. Menyiapkan Takjil untuk Dibagi-bagikan

Kita bisa melibatkan anak unutk menyiapkan takjil untuk dibagiakn ke para tetangga. Atau membuat takjil untuk kemudian dikirim ke panti asuhan. Kita bisa sekaligus membangun kepekaan sosial pada anak melalui aktivitas ini. Berbagi kepada sesama menjadi kegiatan positif yang bisa dilakukan selama bulan Ramadan.

 

3. Membacakan Kisah-Kisah Teladan

Anak Puasa
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Punya buku-buku yang memuat kisah-kisah teladan nabi? Ada buku-buku cerita menarik yang memuat pesan moral yang bagus untuk anak? Kita bisa memanfaatkan waktu ngabuburit dengan membacakan kisah-kisah teladan pada anak. Anak-anak bisa belajar banyak dari cerita yang kita bacakan.

4. Jalan-Jalan Santai atau Mengunjungi Tempat Menarik

Ada taman di dekat rumah? Kita bisa memanfaatkan waktu ngabuburit untuk jalan-jalan ke sana. Atau ada perpustakaan yang masih buka di sore hari, kita bisa mengunjunginya dan menghabiskan waktu membaca buku-buku menarik sambil menunggu waktu berbuka. Bila anak-anak merasa bosan di rumah, kita bisa mengajaknya menghirup udara segar di ruang terbuka sembari menunggu waktu berbuka puasa.

Ada banyak ide aktivitas yang bisa dilakukan sembari menunggu waktu berbuka puasa bersama anak. Selama bisa memberi dampak positif dan baik untuk pembangunan karakter anak selama bulan Ramadan, kita bisa melakukannya. Semoga anak-anak bisa lebih mencintai bulan Ramadan kali ini dengan baik, ya.

 

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓