Agar Ibu Menyusui Tak Mudah Lapar Selama Puasa, Ini Triknya

Ivana Okta17 Mei 2019, 17:15 WIB
menyusui

ringkasan

  • Tips pertama adalah ibu menyusui tetap harus makan tiga kali meski sedang berpuasa. Lakukan saat buka puasa sampai sahur.
  • Perbanyak pula air selama masa buka sampai sahur tersebut.
  • Saat ibu merasa lemas berpuasa, cobalah untuk beristirahat sejenak.
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Sudah bukan rahasia lagi jika ibu menyusui memerlukan banyak sekali asupan selama memberikan ASI untuk si kecil. Karena itulah kadang ibu menyusui jadi mudah lapar.

Saat sedang tidak berpuasa, napsu makan busui bisa naik dua kali lipat. Lalu, adakah cara agar ibu menyusui tak mudah lapar dan haus selama berpuasa sambil terus menyusui si kecil?

Ibu menyusui sebenarnya tidak wajib berpuasa Ramadan.

menyusui
ilustrasi ibu menyusui/Photo by Zahed Ahmad on Unsplash
  • Tips pertama adalah ibu menyusui tetap harus makan tiga kali meski sedang berpuasa. Nah, bagaimana sih caranya? Meski sedang berpuasa, frekuensi makan ibu menyusui harus tetap tiga kali sehari. Ini bisa dilakukan saat buka puasa sampai sahur. Makanlah sebanyak tiga kali seperti biasanya. Perbanyak menu yang bergizi dan kaya serat.
  • Perbanyak pula air selama masa buka sampai sahur tersebut. Setidaknya ibu harus mengonsumsi 2 liter air dalam sehari. Bisa ditambah dengan konsumsi cairan lain seperti jus buah, madu dan juga susu.
  • Yang terpenting, ibu juga wajib untuk istirahat yang cukup agar tetap rileks. Saat ibu merasa lemas berpuasa, cobalah untuk beristirahat sejenak.

Semoga informasi ini bermanfaat ya. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan. Jika memang belum sanggup, ibu menyusui diperbolehkan untuk tidak berpuasa dan menggantinya dengan fidyah.

Simak Video Ini Juga Yuk.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓