Sukses

Parenting

Sahur Pertama Si Buah Hati, 5 Hal Ini Perlu Bunda Perhatikan

Fimela.com, Jakarta Makan sahur menjadi momen penting yang tak boleh dilewatkan agar bisa berpuasa seharian. Namun, kegiatan makan di dini hari ini memang tidak biasa, apalagi bagi Si Buah Hati yang baru pertama kali menjalaninya. Nah, supaya Si Buah Hati bisa lebih semangat makan sahur, Bunda sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut.

Mulai Membangunkan dengan Kasih Sayang

Membangunkan anak untuk sahur memang jadi tantangan tersendiri bagi orangtua. Jika biasanya Si Buah Hati sarapan di jam-jam tertentu, di bulan puasa ini ia harus makan lebih awal agar bisa berpuasa seharian. Bangunkan anak dengan lembut untuk sahur, misalnya mengusap kepalanya, menepuk-nepuk punggungnya, hingga mengajaknya bangun dengan kata-kata yang penuh kasih sayang.

Menurut Psikolog Anak Samanta Ananta, supaya anak lebih mudah bangun saat sahur, tanamkan pengertian pada anak sebelum Ramadan berlangsung. Beri gambaran terlebih dulu pentingnya puasa dan aktivitas apa yang harus dilakukan, termasuk mulai tidur lebih awal dari biasanya, supaya anak lebih mudah menjalankannya.

Hindari Makan Sahur dengan Terburu-buru

 

Terkadang, anak sulit membuka mata saat dibangunkan oleh Bunda. Dibiarkan tidur lebih lama hanya berujung pada waktu sahur yang kian terbatas. Akibatnya, makan jadi terburu-buru dan dapat mempengaruhi mood, bahkan berisiko terkena gangguan pencernaan. Konsisten bangunkan Si Buah Hati di waktu yang sama dan berikan penjelasan berulang kali pada anak tentang pentingnya makan sahur dengan bahasa yang mudah ia pahami.

Menyajikan Menu Favorit Si Buah Hati

Sebelum tidur, tidak ada salahnya menanyakan menu sahur apa yang diinginkan oleh Si Buah Hati sehingga ia lebih bersemangat untuk bangun lebih awal. Masak makanan favorit anak dan biarkan ia mencium aroma sedap yang membuatnya terbangun dengan sendirinya. Siapkan menu sehat, lezat, dan tentunya praktis, seperti orak arik telur dengan sayuran dan daging, sup yang disajikan hangat, hingga stick ikan atau ayam goreng yang renyah.

Hidupkan Keseruan dengan Makan Bersama Keluarga

Pertahankan kebiasaan sarapan bersama keluarga. Kantuk pun jadi hilang terganti oleh keseruan saat makan sahur bersama. Manfaatkan waktu ini untuk mengobrol, menyemangati Si Buah Hati untuk kuat berpuasa, hingga melibatkan seluruh anggota keluarga untuk memilih menu makan sahur, berbuka hingga takjil.

Pastikan Asupan Nutrisinya Terpenuhi

Menyajikan menu sahur untuk anak memang cukup tricky. Bukan hanya harus menyediakan makanan favoritnya supaya anak makin semangat menjalani puasa, tapi juga harus mempertimbangkan kebutuhan nutrisinya. Menurut Kepala Pelayanan Gizi RS Premier Surabaya, Hendarmoko Budiprasetijo, S.KM.RD., prinsip sahur yang benar adalah menyediakan menu yang lebih banyak, lebih bergizi, dan lebih beragam ketimbang saat buka puasa.

Hal ini sangat penting karena dari sudut pandang gizi, makan sahur punya peran penting buat menjaga stamina tubuh. Jadi, pastikan menu makanan yang dikonsumsi Si Buah Hati memiliki kandungan gizi lengkap dan seimbang, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral, serta memberikan kecukupan porsi yang tepat. Jangan lupa, perhatikan asupan vitaminnya untuk menjaga daya tahan tubuh dan menurunkan risiko anak jatuh sakit saat berpuasa.

Bunda juga perlu menghindari makanan yang terlalu pedas dan yang bersifat diuretik, atau mudah memproduksi urin, seperti teh dan mentimun. Prinsip ini sangat penting agar tidak banyak cairan yang keluar dari tubuh anak dan mengakibatkan dehidrasi. Selain itu, Bunda dapat melengkapi kebutuhan nutrisinya dengan memberikan segelas DANCOW FortiGro saat sahur. Dengan asupan nutrisi yang cukup, Si Buah Hati mendapatkan energi yang cukup untuk berpuasa dan terus beraktivitas baik di rumah maupun di sekolah hingga waktu berbuka puasa tiba.

Sajikan kembali segelas DANCOW FortiGro sebelum tidur untuk menjaga tumbuh kembangnya tetap optimal dan bikin Si Buah Hati kembali bersemangat untuk menjalani sahur keesokan harinya. Yuk, cari tahu tips lainnya untuk mendampingi anak berpuasa, dengan follow Instagram @DANCOW. Klik di sini untuk mencari tahu informasi produk selengkapnya.

(adv/eth)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading