Tips Mudik Bersama Bayi Naik Kendaraan Umum

Ivana Okta23 Mei 2019, 13:15 WIB
mudik

ringkasan

  • Yang pertama amati kebiasaan si kecil sebelum mudik. Lihat jadwal kebiasaannya.
  • Selanjutnya lakukan latihan. Jika bayi atau balitamu selama ini tidak terbiasa naik kendaraan umum, coba latih.
  • Jika bisa pilih jadwal keberangkatan sore atau malam agar si kecil tinggal tidur di kendaraan.
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Lebaran adalah saatnya untuk berkumpul dengan keluarga. Nah, bagi yang merantau di luar daerah harus mudik. Mudik sudah jadi tradisi. Bagi yang single, mudik mungkin tidak begitu merepotkan. Tapi bagaimana yang baru saja punya bayi? Lalu, bagaimana jika mudiknya menggunakan kendaraan umum?

Naik kendaraan umum memang tidak akan senyaman naik kendaraan sendiri. Tapi jika ini satu-satunya jalan, maka Sahabat Fimela bisa mencoba tips berikut ini untuk mudik bersama bayi naik kendaraan umum.

Tips mudik dengan bayi. Banyak yang harus disiapkan.

ibu
ilustrasi ibu anak/Photo by Zahed Ahmad on Unsplash
  • Yang pertama amati kebiasaan si kecil sebelum mudik. Lihat jadwal kebiasaannya. Jika perlu catat jam tidur, atau waktu makan si kecil. Ini untuk antisipasi agar ia tak rewel sepanjang perjalanan.
  • Selanjutnya lakukan latihan. Jika bayi atau balitamu selama ini tidak terbiasa naik kendaraan umum, coba latih. Usahakan situasi kendaraan yang digunakan mirip dengan yang akan digunakan saat mudik nanti. Jika akan naik kereta coba latih dia. Bus pun demikian, latih dia untuk tidur atau terjaga dengan kondisi yang mirip dengan saat mudik nanti.
  • Jaga kesehatan dan siapkan semua keperluan si kecil. Usahakan untuk membawa tas yang mudah dibuka dan tutup untuk keperluan si kecil. Siapkan semua baju, susu dan apa yang sekiranya dibutuhkan si kecil saat di perjalanan.
  • Pilih kendaraan yang nyaman dan memungkinkan si kecil untuk tidur. Pilih bus atau kereta dengan reclining seat. Jika bisa pilih jadwal keberangkatan sore atau malam agar si kecil tinggal tidur di kendaraan.

Nah, semoga tips ini bermanfaat untukmu ya Sahabat Fimela. Selamat mudik, mudik harus selamat.

Simak Video Ini Juga Yuk.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓