Ibu Hamil Berpuasa, Sebaiknya Hindari Sahur dengan Makanan Ini

Mimi Rohmitriasih28 Mei 2019, 06:45 WIB
Kehamilan

ringkasan

  • Ibu hamil penting menjaga nutrisinya dengan baik saat berpuasa.
  • Ada beberapa makanan yang wajib dihindari selama sahur agar kehamilannya sehat selalu.
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Meski ibu hamil diberi keringanan untuk meninggalkan puasa Ramadan dan menggantinya di hari lain, selama ibu hamil kuat dan tidak ada masalah dengan kesehatan janin, tidak sedikit ibu hamil yang tetap menjalankan ibadah puasa. Bahkan, tidak sedikit ibu hamil yang berpuasa selama sebulan penuh saat Ramadan.

Melansir dari laman Liputan6.com, selama ibu hamil mencukupi kebutuhan nutrisi tubuhnya dan janinya dengan baik, tidak masalah baginya untuk berpuasa. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan secara baik-baik termasuk pola makan dan makanan yang dipilih untuk berbuka serta sahur. Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari ibu hamil selama berpuasa agar kesehatan ibu serta janin terjaga dengan baik. Berikut makanan tersebut.

Makanan Mentah dan Setengah Matang

Disarankan agar ibu hamil menghindari makanan mentah dan setengah matang. Makanan yang masih mentah atau setengah matang terlebih lagi daging, ikan serta telur dikhawatirkan mengandung bakteri atau virus yang berbahaya buat tubuh serta janin. Usahakan agar makanan yang dikonsumsi setiap harinya merupakan makanan yang telah dimasak dengan sempurna. Juga makanan yang dikonsumsi selama berbuka puasa serta sahur.

Makanan Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil

Kehamilan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Makanan Tinggi Glukosa dan Rendah Serat

Selama berpuasa, ibu hamil sebaiknya menghindari sahur dengan makanan tinggi glukosa dan rendah serat. Makanan yang tinggi glukosa serta rendah serat hanya akan membuat Mom merasa lebih cepat lapar. Makanan ini juga bisa membuat kesehatan tubuh tidak stabil. Selain mengurangi makanan yang tinggi glukosa, sebaiknya saat sahur Mom juga mengurangi konsumsi makanan dengan kandungan garam berlebih.

Makanan dengan Kandungan Kalori Berlebih

Selama hamil dan berpuasa, wajib bagi ibu hamil untuk menjaga pola makan dan memilih makanan yang paling sehat. Hindari mengonsumsi makanan dengan kandungan berlebih saat sahur. Ini demi mencegah risiko obesitas bagi ibu maupun janin yang dikandungnya.

Makanan yang Mengandung Merkuri

Mekuri merupakan limbah kimia dari berbagai aktivitas manusia seperti pembakaran, pertanian dan limbah dalam air. Merkuri sangat berbahaya buat kesehatan. Penting bagi ibu hamil menghindari makanan yang mengandung merkuri. Terlebih lagi ketika menyantap makanan tersebut sebagai menu sahur juga berbuka puasa.

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari ibu hamil selama berpuasa tepatnya saay sahur. Selain makanan di atas, ibu hamil juga penting menghindari makanan yang terlalu pedas dan asam sahur sahur. Sebaiknya konsumsi buah dan sayur cukup setiap harinya selama berpuasa. Semoga informasi ini bermanfaat.

Simak Juga Video Berikut Ini:

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓