Sukses

Parenting

5 Tips Menenangkan Bayi setelah Disuntik

ringkasan

  • Bedung Tubuhnya
  • Miringkan Tubuhnya
  • Ayun-ayunkan Tubuhnya

Fimela.com, Jakarta Ketika jadwal imunisasi tiba untuk si kecil, kadang kita jadi cemas sendiri. Saat si kecil menjerit dan menangis ketika disuntik, rasanya kita seperti ikut merasakan sakitnya. Tapi kita juga perlu berusaha semaksimal mungkin untuk membuat bayi kita tenang saat disuntik.

Bila usia bayi masih di bawah 5 bulan, ada lima tips yang bisa dicoba untuk menenangkannya. Dirangkum dari How Can I Comfort My Baby During Shots? via kidshealth.org, berikut tips yang bisa dicoba untuk menenangkan si kecil setelah disuntik. mari simak di sini.

1. Bedung Tubuhnya

Kita bisa membedung tubuh bayi setelah ia selesai disuntik. Balut tubuhnya dengan selimut atau kain setelah disuntik untuk menenangkan dirinya. Si kecil juga bisa dibedung terlebih dahulu sebelum disuntik dengan membiarkan area bagian tubuh yang akan disuntuk untuk ttetap terbuka.

2. Miringkan Tubuhnya

Setelah selesai disuntik, kita bisa memposisikan tubuh si kecil miring ke sisi kiri atau kanan. Kita juga bisa segera mendekapnya dengan menempelkan perut dan tubuh bagian depannya kepada kita.

 

3. Buat Suara

Kita bisa melakukan shushing atau membuat white noise di dekat telinganya. Kita bisa membisikkan kata seperti, "Susss... susss... susss," untuk meredakan tangisangannya.

4. Ayun-ayunkan Tubuhnya

Setelah selesai disuntik, kita bisa langsung menggendong si kecil dan mengayun-ayunkan tubuhnya. Buat dirinya merasa senyaman mungkin agar tangisannya bisa segera reda.

5. Bantu Anak Mengisap Sesuatu

Bisa dengan langsung menyusuinya, bisa juga dengan memberinya botol atau empong. Bayi bisa merasa tenang kembali saat ia bisa mengisap sesuatu. Sehingga rasa sakit yang dirasakan setelah disuntik bisa segera reda.

Saat akan disuntik, kita bisa mendudukkan si kecil di pangkuan kita. Alihkan perhatiannya pada mainan atau nyanyikan lagu untuknya. Selain itu, kita sebagai orangtua juga perlu berusaha agar tidak terlihat cemas atau takut supaya si kecil bisa lebih tenang. Sebab rasa cemas yang dirasakan orangtua bisa "menular" pada si kecil dengan mudah.

Satu hal lagi yang bisa kita lakukan setelah anak selesai disuntik adalah beri ia pujian atau kata-kata positif. Ciptakan atmosfer yang menyenangkan supaya si kecil bisa lebih tenang bila akan diimunisasi untuk jadwal berikutnya.

 

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading