Sukses

Parenting

Mual Saat Menstruasi, Normal Nggak Sih?

Fimela.com, Jakarta Setiap bulannya, perempuan normal dan belum memasuki masa menopause akan mengalami haid. Saat haid, kondisi tubuh akan berbeda dari biasanya. Selain gampang lelah, kondisi tubuh juga biasanya akan mudah menurun. Bahkan ada kondisi-kondisi yang rasanya aneh.

Nah, beberapa perempuan mengeluhkan mual saat sedang menstruasi. Apakah hal ini normal? Atau sebaiknya perlu diperiksakan?

Mual termasuk hal yang nomal terjadi saat menstruasi.

Memang banyak perempuan yang mengalami mual saat haid. Beberapa di antaranya bahkan sampai muntah-muntah. Mual ini sampai membuat tubuh jadi lelah dan lemah.

Mual terjadi karena produksi prostaglandin (senyawa yang terdapat dalam kelenjar kelamin) saat siklus haid berlangsung. Ini membuat dinding rahim berkontraksi dan menyebabkan mual dan kram perut.

Untuk mengatasinya bisa dilakukan beberapa hal, salah satunya adalah dengan mengambil irisan buah lemon dan mencium aromanya. Meminum jahe hangat juga bisa membantu meredakan rasa mualmu.

Sebenarnya tak perlu terlalu khawatir karena perut kembung juga hal umum yang bisa terjadi saat sedang haid. Sebabnya karena banyaknya perubahan hormonal di daerah perut. Ini akan hilang dalam beberapa hari.

Tapi jika mual dan kembungnya benar-benar mengganggu sampai tak bisa aktivitas, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter. Semoga tips ini bermanfaat untukmu ya Sahabat Fimela.

Simak Video Ini Juga Yuk.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading