Bayi Terus-menerus Cegukan, Begini Cara Meredekannya

Mimi Rohmitriasih20 Jun 2019, 12:25 WIB
Bayi

Fimela.com, Jakarta Cegukan pada bayi merupakan hal yang normal terjadi. Mom tak perlu panik jika mendapati buah hati sering cegukan. Pada bayi yang baru lahir hingga tahun-tahun pertamanya bertumbuh juga berkembang, cegukan adalah suatu hal yang wajar terjadi. Meski begitu, pastikan tetap waspada dan usahakan untuk meredakan cegukan yang ada.

Melansir dari laman timesofindia.com, cegukan pada bayi terjadi karena adanya kontraksi pada diafragma juga pita suara bayi yang menutup dengan cepat. Untuk meredakan cegukan pada bayi, ada beberapa cara yang bisa mom lakukan.

Penasaran seperti apa cara meredakan cegukan pada bayi? Simak yang berikut ini.

Cara Meredakan Cegukan Bayi

muntah pada bayi
Muntah pada bayi yang perlu diwaspadai./Copyright shutterstock.com

Cara selanjutnya untuk meredakan cegukan bayi adalah menggosok punggung bayi. Gosok-gosok punggung bayi dengan lembut sambil gendong menghadap bahumu. Pastikan untuk menggosok saja dan hindari menepuk, memukul atau menampar punggung bayi dengan kuat.

Berikan Empeng (Pacifier)Ketika bayi cegukan, berikan empeng atau pacifier ke bayi. Empeng bisa membantu diafragma bayi jadi lebih santai sehingga cegukan bisa diredakan.

Itulah beberapa cara untuk meredakan cegukan pada bayi. Mom juga bisa membiarkan bayi cegukan hingga reda dengan sendirinya. Umumnya, cegukan pada bayi akan reda dengan sendirinya. Jika menemukan cegukan bayi yang terus-menerus, jangan segan untuk memeriksakan kondisi bayi ke dokter atau bidan ahlinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓