Berhubungan Intim Sebelum Ovulasi Meningkatkan Peluang Kehamilan

Mimi Rohmitriasih25 Jun 2019, 20:45 WIB
Hubungan Intim/Seks

Fimela.com, Jakarta Hamil atau mengandung menjadi momen yang sangat mengesankan untuk setiap perempuan. Tak hanya mengesankan, momen kehamilan juga menjadi momen yang mampu memberi warna baru pada keluarga pasangan yang baru menikah pun yang telah lama menikah.

Mengenai kehamilan, ada beberapa perempuan yang bisa segera hamil setelah menikah. Tapi, tidak sedikit perempuan yang harus menunggu dalam waktu lama untuk bisa memiliki buah hati sendiri dari pernikahannya bersama suami.

Melansir dari laman parents.com, agar cepat hamil setelah menikah, pasangan suami istri harus lebih memerhatikan kesehatannya. Para ahli menyarankan agar keduanya juga memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhnya dengan baik. Yang terpenting lagi, keduanya harus tahu kapan mereka harus berhubungan intim lebih aktif dan kapan keduanya harus memperbanyak istirahat.

Berhubungan Intim Sebelum Ovulasi

Hubungan Intim/Seks
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Sebaiknya, melakukan hubungan intim dilakukan sebelum masa ovulasi dan saat ovulasi berlangsung. Christopher Williams, M.D, seorang ahli reproduksi dan kebidanan di Charlottesville, Virginia sekaligus penulis buku berjudul of The Fastest Way to Get Pregnant Naturally mengungkapkan jika melakukan hubungan intim sebelum ovulasi yakni 4 sampai 5 hari sebelumnya bisa meningkatkan peluang hamil.

Di hari yang mendekati masa ovulasi ini umumnya perempuan akan lebih sensitif dan memiliki semangat seks yang cukup membara. Di masa ini, perempuan juga bisa meraih orgasme terbaik mereka saat berhubungan. Sel telur di rahim pun dalam kondisi baik ketika terjadi pembuahan.

Selain lebih aktif melakukan hubungan intim di 4 sampai 5 hari sebelum ovulasi, para ahli juga menyarankan agar pasangan suami istri berhubungan intim saat ovulasi. Ovulasi sendiri bisa dihitung dari siklus menstruasi. Ovulasi biasanya terjadi 12 - 14 hari sebelum siklus menstruasi berakhir. Ini untuk yang siklusnya adanya 28 hari.

Selain memperhatikan kapan waktu ovulasi, posisi hubungan intim juga berperan penting dalam berhasil atau tidaknya proses pembuahan dan kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓