Mom, Pada Usia Ini Anak Sudah Bisa Masuk PAUD

Mimi Rohmitriasih28 Jun 2019, 11:32 WIB
Anak sekolah

Fimela.com, Jakarta Melihat anak tumbuh dan berkembang dengan baik tentu menjadi kebahagiaan serta kebanggan tersendiri buat orangtua. Apalagi, jika melihat anak sudah bisa masuk sekolah dan bersosialisasi dengan baik bersama teman-temannya.

Mengenai anak sekolah, kali ini anak bisa mulai sekolah sejak usianya sedini mungkin. Lembaga pendidikan non formal PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan TK (Taman Kanak Kanak) menjadi lembaga pendidikan yang mau menampung anak sejak usianya sedini mungkin. Jika zaman dulu anak-anak mulai masuk sekolah pertama di usia 4 tahun, kini anak-anak bisa masuk sekolah pertama sejak usia 3 bahkan 2 tahun.

Lantas, apakah memasukkan anak ke sekolah sejak usia sedini mungkin tidak berdampak buruk bagi anak? Apakah anak tidak akan bosan dengan aktivitas belajar jika ia terlalu cepat masuk sekolah? Sebenarnya, idealnya usia berapa anak bisa masuk sekolah khususnya PAUD untuk pertama kalinya?

Usia Ideal Anak Masuk PAUD

Anak Sekolah
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Melansir dari laman klikdokter.com, sekolah PAUD menerima anak-anak saat mereka telah menginjak usia 2 tahun. Tapi, tidak sedikit sekolah yang menyanggupi menerima murid saat si murid berusia 18 bulan. Pada dasarnya, PAUD adalah lembaga pendidikan anak usia dini yang diperuntukkan bagi anak usia 0 - 6 tahun dengan 3 ruang lingkup atau tahapan yakni tahap bayi (0-1 tahun), balita (2-3 tahun) dan kelompok bermain (3-6 tahun).

Mengingat kesiapan belajar dan bersosialisasi dengan orang lain pada setiap anak itu berbeda-beda, tidak ada patokan ideal usia berapa anak bisa masuk sekolah PAUD untuk pertama kalinya. Selama anak sudah siap secara fisik, mental, sosial, emosionalnya, orangtua bisa memasukkannya ke PAUD.

Selama anak sudah memenuhi syarat yang diajukan oleh PAUD seperti halnya usia, toilet training, sosialisasi, kemampuan berkomunikasi dan sejenisnya, nampaknya anak sudah bisa masuk PAUD untuk pertama kalinya. Tak perlu takut untuk memasukkan anak ke PAUD sejak sedini mungkin selama anak siap dan nyaman dengan itu semua.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓