5 Penyebab Susah Cepat Hamil pada Perempuan

Endah Wijayanti02 Jul 2019, 13:45 WIB
sulit hamil

ringkasan

  • Masalah pada Serviks
  • PH Tak Seimbang
  • Kerusakan Jaringan
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Jadi impian banyak perempuan untuk bisa segera mendapat momongan setelah menikah. Tapi tak semua perempuan bisa langsung dan cepat hamil begitu menikah. Sebagian perempuan butuh waktu yang lebih lama dibanding yang lain untuk bisa hamil.

Kira-kira apa yang membuat seorang perempuan susah cepat hamil? Penyebabnya bisa beragam. Ada berbagai faktor yang memengaruhinya. Beberapa di antaranya, seperti yang dilansir dari boldsky.com, adalah sebagai berikut:

1. Masalah pada Serviks

Serviks berperan sebagai semacam penghubung antara rahim dan vagina. Setelah berhubungan badan, sperma perlu melewati serviks untuk bisa mencapai rahim. Jadi, jika ada masalah pada serviks, maka proses pembuahan akan mengalami sejumlah kendala.

2. PH Tak Seimbang

Kadar pH yang terlalu rendah atau terlalu tinggi bisa memengaruhi proses pembuahan. Agar pembuahan bisa terjadi dengan baik, kondisi rahim harus memiliki pH yang seimbang.

3. Kerusakan Jaringan

Ilustrasi nyeri haid
Ilustrasi. (iStock)

Fibroid rahim, bekas luka, infeksi, masalah pada tuba falopi, endometriosisi, polip, dan masalah yang berkaitan dengan organ reproduksi bisa menjadi penghambat untuk cepat hamil. Kondisi yang dapat menghambat gerak sel sperma untuk mencapai telur dapat menyulitkan proses terjadinya pembuahan.

4. PCOS

PCOS adalah gangguan kesuburan pada wanita akibat adanya kista di indung telur (ovarium). Penyakit ini terjadi karena ketidakseimbangan hormonal yang memengaruhi atau mengganggu menstruasi dan menyebabkan perempuan sulit hamil. Proses ovulasi dapat terhambat bila ada masalah atau gangguan kesuburan ini.

5. Usia

Faktor usia bisa membuat seorang perempuan susah hamil. Khususnya bila mencapai usia 35 tahun maka seorang perempuan akan kesulitan untuk bisa cepat hamil. Kualitas telur mungkin dan kapasitas indung telur akan ikut menurun dalam proses pelepasan telur.

Obesitas, siklus haid yang tidak teratur, kista, konsumsi alkohol, obesitas, dan penyakit menular seksual juga bisa jadi penyebab seorang perempuan sulit hamil. Ada baiknya untuk segera berkonsultasi ke dokter untuk mengecek kondisi kesehatan dan persiapan yang lebih baik untuk bisa lekas hamil.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓