Anak Menderita Diare, Obati dengan Segera dengan Cara Ini Mom

Mimi Rohmitriasih08 Jul 2019, 09:15 WIB
Anak Diare

Fimela.com, Jakarta Diare merupakan penyakit yang perlu diwaspadai oleh semua orang. Penyakit ini kelihatannya sepele namun jangan salah, tidak sedikit penderitanya yang terlambat melakukan pengobatan hingga akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya.

Diare bisa menyerang siapa saja baik orang dewasa ataupun anak-anak. Diare merupakan gangguan pencernaan yang ditandai dengan perubahan bentuk dan tekstur tinja dari lembek ke cair. Diare ditandai dengan frekuensi buang air besar yang semakin sering, badan lelah berlebih, mual, muntah, nafsu makan menurun, badan lemas, dehidrasi dan sakit perut parah.

Mengenai diare sendiri, ini merupakan masalah kesehatan yang paling sering dijumpai dan menyerang anak-anak di Indonesia. Melansir dari laman hellosehat.com, di dunia diare menyebabkan 1,5 juta penyebab kematian pada anak-anak setiap tahunnya. Ketika mendapati anak atau buah hati di rumah menderita diare, apa yang bisa kita lakukan Mom? Berikut cata mengobati anak diare dengan segera.

Merawat Anak Diare

anak sakit
ilustrasi anak sakit/copyright Shutterstock

Beri Larutan Garam dan Gula

Larutan garam dan gula adalah obat alami untuk meredakan risiko diare. Ketika mendapati anak mengalami diare, segera berikan larutan garam dan gula. Sebaiknya, larutan garam dan gula ini diseduh dengan air hangat.

Obati dengan Obat Alami

Obati anak dengan obat alami seperti daun jambu biji. Haluskan daun jambu biji kemudian saring, berikan ke anak sebagai obat alami. Anak yang menderita diare juga bisa diberi obat alami lain seperti jahe, cuka apel, buah pisang, sop wortel dan minum air putih sebanyak-banyaknya.

Tetap Beri Makan dan Minum

Walau nafsu makan menurun selama diare, pastikan agar anak makan dan minum cukup. Ini demi mencegah anak mengalami dehidrasi atau kekurangan nutrisi selama diare. Sebaiknya, makanan dan minuman yang diberikan ke anak adalah makanan dan minuman yang sekaligus bisa meredakan risiko diare.

Pastikan Anak Istirahat

Pastikan bahwa anak memiliki istirahat cukup selama diare. Para ahli kesehatan mengungkapkan jika istirahat cukup bisa meredakan dan mengobati diare.

Periksakan Anak ke Dokter

Jika dalam satu hingga dua hari diare pada anak tidak kunjung reda atau sembuh, segera bawa anak ke dokter. Periksakan kondisi kesehatannya dan berikan perawatan terbaik untuknya, Minta juga resep obat dari dokter.

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan dengan segera ketika mendapati buah hati di rumah menderita diare ya Mom. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga kita sekeluarga senantiasa sehat.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓