Sukses

Parenting

Hambat Perkembangan Otak Hingga Autisme, Ini Bahaya Makanan Instan pada Bayi!

Fimela.com, Jakarta Orangtua, khususnya ibu hamil harus sadar sejak dini bahwa memberikan tubuh makanan instan dan makanan olahan seperti kornet, sosis, mie, dan makanan kemasan lainnya bukan hanya tak sehat secara umum untuk tubuhnya sendiri, tapi juga bisa memberi pengaruh lebih serius terhadap perkembangan sel otak bayi dalam kandungan.

Sebuah penelitian yang dilakukan para peneliti University of Central Florida menemukan bahwa kandungan tinggi asam berupa Propionic Acid (PPA), yang digunakan sebagai bahan pengawet pada banyak makanan olahan dapat menurunkan perkembangan neuron di otak janin.

Penelitian yang diterbitkan dalam Scientific Reports ini meneliti pengaruh konsumsi makanan olahan yang dikonsumsi ibu hamil terhadap perkembangan janin.

Makanan Olahan Picu Autisme Anak

Drs. Saleh Naser, selaku spesialis peneliti gastroenterologi College of Medicine's Burnett School of Biomedical Sciences, memulai penelitian karena menemukan bahwa anak-anak autis sering menderita masalah lambung seperti sindrom iritasi usus besar. Ia penasaran apakah ada hubungan antara otak dan usus yang mana tidak dialami oleha anak normal.

Ternyata, semua ini sudah dimulai sejak mereka berada dalam kandungan ibu. Penelitian menemukan bahwa ibu hamil yang makan makanan olahan berpengawet PPA yang mengubah mikrobioma ibu selama hamil dan meningkatkan kadar asam tersebut yang kemudian berpengaruh pada perkembangan otak janin, bahkan hingga tahap mampu menimbulkan autisme.

Jadi, jangan asal makan mulai dari sekarang ya Moms. Alangkah bijak jika mulai memperbaiki pola makan selama hamil agar anak lahir dengan sehat.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading