Agar Anak Lekas Bangun Tidur, Ini Tipsnya Mom

Mimi Rohmitriasih09 Jul 2019, 12:42 WIB
Anak tidur

Fimela.com, Jakarta Mendapati anak tertidur pulas menjadi salah satu kebahagiaan tersendiri buat setiap orangtua. Namun, ketika mendapati anak terus menerus tidur dan sulit bangun pagi, ini tentu menjadi tantangan tersendiri.

Anak yang asik tidur tidak jarang akan marah-marah, mengamuk bahkan ngambek ketika dibangunkan dari tidurnya. Lantas, bagaimana agar anak tetap tenang dan tidak marah saat dibangunkan dari tidurnya untuk pergi mandi, sekolah atau melakukan aktivitas lainnya?

Melansir dari laman liputan6.com, ada beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua untuk membangun anak dari tidurnya.

Tips Membangunkan Anak dari Tidur

anak
ilustrasi anak bangun tidur/copyright Rawpixel

Yang pertama perlu diperhatikan agar mudah dalam membangunkan anak adalah memastikan waktu tidur anak. Pastikan agar anak tidak tidur terlalu larut malam. Anak dengan usia 3 sampai 5 tahun umumnya membutuhkan wkatu tidur selama 10 hingga 13 jam agar di pagi hari bangun dengan segar dan nyaman.

Seiring bertambahnya usia anak, mereka tetap membutuhkan waktu tidur hingga 8 jam setiap harinya. Jam tidur yang cukup sangat diperlukan agar anak tumbuh dan berkembang dengan baik. Tidur yang cukup dan tepat waktu juga akan membantu anak bangun tepat waktu pula.

Ketika membangunkan anak sebaiknya dilakukan dengan pelan-pelan. Nasehati anak untuk segera bangun dengan sikap lebih sabar dan tenang. Hindari membangunkan anak dengan cara membentak karena ini hanya akan membuat anak kaget dan semakin malas bangun di hari-hari berikutnya. Usahakan untuk menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan setiap pagi agar anak semakin semangat buat bangun pagi.

Itulah cara membangunkan anak dengan mudah di pagi hari. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓