Sering Ajak Suami ke Bidan, Beri Pengaruh Positif pada Skill Parentingnya!

Febi Anindya Kirana10 Jul 2019, 18:34 WIB
ayah

Fimela.com, Jakarta Skill parenting memang seharusnya tidak hanya dibebankan pada ibu, karena ayah juga memiliki peran penting dalam perkembangan baik buruknya anak. Dimulainya perenting pada ayah sebenarnya bisa dimulai sejak dini, yaitu selama ibu masih hamil.

Karena sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE dan dilakukan di Rutgers University menemukan bahwa ternyata memberikan isyarat halus dan melibatkan suami dalam segala urusan perawatan prenatal mampu membuatnya lebih terikat dan membangun skill parentingnya ke depan.

Peran Parenting Ayah

skill parenting ayah
Photo by Lgh_9 from Pexels

Aktivitas-aktivitas sederhana seperti mengajaknya untuk menemani ke bidan, menunjukkan foto ultrasound, menunjukkan foto-foto ayah yang menggendong bayi, menemani membeli keperluan bayi, memberinya banyak pamflet atau bacaan ringan mengenai "menjadi orangtua" bisa menjadi cara awal melatih skill parenting suami.

Analia Albuja selaku ketua penelitian mengatakan bahwa keterlibatan ayah selama kehamilan memberikan manfaat kesehatan fisik dan psikologis untuk ibu dan bayi. Sayangnya masih banyak yang merendahkan kemampuan parenting ayah sehingga perannya sering diabaikan. Inilah yang membuat ayah salah memahami pengertian parenting.

Karena pada akhirnya suami juga akan berperan sebagai ayah, dan anak butuh figur ayah yang baik, memang sebaiknya lebih sering melibatkan suami dalam segala urusan kehamilan dan anak ya Moms.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓