Inspirasi 5 Makanan Terbaik untuk Ibu Menyusui

Mimi Rohmitriasih19 Jul 2019, 10:54 WIB
nutrisi ibu menyusui

Fimela.com, Jakarta Saat menyusui setiap ibu harus mendapat nutrisi dan gizi terbaik. Selain agar tubuh senantiasa bugar dan sehat, memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi tubuh juga akan membantu buah hati tumbuh serta berkembang dengan lebih baik.

Ada banyak makanan sehat yang bisa dikonsumsi ibu selama menyusui. Ada juga beberapa makanan yang harus dihindari meski ibu sangat menyukainya demi menjaga kesehatan diri sendiri serta buah hati.

Melansir dari laman health.com, berikut beberapa inspirasi makanan terbaik untuk menyusui. Makanan ini tak hanya menyehatkan ibu dan bayi tetapi juga bisa melancarkan ASI (Air Susu Ibu). Apa saja makanannya? Simak yang berikut ini.

Kacang Hijau dan Sayuran Hijau

bubur kacang ijo
Copyright shutterstock.com

Kacang Hijau

Makanan pertama yang sangat baik buat ibu menyusui adalah kacang hijau. Rebus kacang hijau sampai empuk dan air rebusannya berubah warna jadi hijau. Minum air rebusan kacang hijau ini untuk menutrisi tubuh. Kacang hijau rebus cukup direbus sampai empuk tapi tidak hingga mekar atau pecah ya Sahabat Fimela.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau juga menjadi makanan terbaik untuk ibu menyusui. Sayuran hijau mengandung berbagai nutrisi, gizi serta vitamin yang sangat baik. Sayur bayam, sayur kenikir, sayur katuk, sayur daun ketela pohon dan brokoli adalah sayuran hijau terbaik untuk ibu menyusui.

Gandum, Yogurt dan Ikan Salmon

Roti gandum
Roti gandum. (Foto: pexels.com)

Gandum

Gandum merupakan makanan yang kaya serat. Ini juga mengandung nutrisi dan vitamin terbaik untuk tubuh. Gandum kaya akan serat yang bisa melancarkan sistem pencernaan ibu menyusui.

Yogurt

Makanan selanjutnya yang juga sangat baik untuk ibu menyusui adalah yogurt. Makanan ini kaya nutrisi yang bisa menyehatkan tubuh ibu pun bayi. Yogurt juga sangat baik untuk sistem pencernaan.

Ikan Salmon

Ikan salmon menjadi nutrisi dan gizi terbaik buat ibu menyusui. Ikan salmon mengandung berbagai nutrisi yang sangat dibutuhkan ibu menyusui pasca melahirkan. Ikan salmon juga bisa membuat bayi lebih cerdas saat dewasa nanti.

Itulah beberapa makanan terbaik untuk ibu menyusui. Selain makanan di atas, makanan lain yang juga sangat baik untuk ibu menyusui adalah nasi merah, kacang-kacangan, biji-bijian, daging merah dan telur. Aneka buah juga tak boleh dilewatkan begitu saja ya Sahabat Fimela.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓