Hati-Hati, Ibu Hamil Diabetes Perbesar Risiko Bayi Lahir Mati

Febi Anindya Kirana01 Agu 2019, 14:15 WIB
hamil

Fimela.com, Jakarta Sebagian di antara ibu hamil mungkin sudah tahu istilah lahir mati atau stillbirth. Lahir mati merupakan keadaan kematian bayi di dalam kandungan sebelum dilahirkan ketika usia kehamilan 20 minggu atau lebih. Hal ini pasti membuat hancur hati para ibu hamil ketika mengetahuinya.

Namun ada faktor yang memperbesar risiko ibu hamil mengalami lahir mati, yaitu penyakit diabetes. Ahli klinis dari University of Glasgow menguji data 5.392 bayi lahir dari 3.847 ibu dengan penyakit diabetes di Skotlandia antara April 1998 hingga Juni 2016 dan menemukan bahwa ibu yang menderita penyakit diabetes tipe 1 memiliki risiko lahir mati tiga kali lebih besar dibandingkan ibu hamil dengan gula darah normal.

Diabetes Perbesar Risiko Lahir Mati pada Bayi

2. Penyakit Diabetes
Sering tidur pagi bisa menyebabkan diabetes akibat gula darah naik (Sumber foto: Healthbusiness.com)

Sedangkan ibu hamil dengan diebetes tipe 2 paling tidak memiliki risiko empat kali lebih besar mengalami lahir mati. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Diabetologia ini menunjukkan bahwa kadar gula darah tinggi dalam tubuh membuat bayi tak bisa bertahan.

Penulis penelitian Dr Sharon Mackin mengatakan bahwa sebaiknya perempuan yang ingin hamil memastikan kondisi kesehatannya, terutama berat badan dan kadar gula darahnya.

Jadi, alangkah baiknya jika Sahabat Fimela yang memiliki gejala atau sudah memiliki diabetes segera berkonsultasi jika ingin merencanakan program hamil.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓