5 Tanda Awal Kehamilan yang Kurang Disadari, Yuk Lebih Peka Lagi

Mimi Rohmitriasih12 Agu 2019, 12:43 WIB
hamil muda

Fimela.com, Jakarta Bagi setiap perempuan, kehamilan merupakan momen yang sangat mengesankan. Kehamilan juga menjadi momen yang tak bisa dijelaskan hanya dengan kata-kata. Ada perasaan bahagia, bangga dan sedih juga khawatir pun takut di satu waktu yang sama.

Umumnya, awal kehamilan ditandai dengan mual, telat haid, sensitif terhadap bau dan parubahan pada payudara. Namun jangan salah Sahabat Fimela, melansir dari laman hellosehat.com, ada beberapa tanda awal kehamilan lainnya yang sering terjadi namun kurang umum disadari.

Apa saja tanda awal kehamilan tersebut? Simak yang berikut ini.

Tanda Awal Kehamilan

tanda kehamilan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Sembelit

Tanda awal kehamilan pertama ada sembelit. Di awal kehamilan, terjadi perubahan hormon tubuh. Perubahan hormon ini bisa jadi meningkatkan risiko sembelit atau susah buang air besar.

Sering Buang Air Kecil

Tanda selanjurnya adalah sering buang air kecil. Umumnya, tanda kehamilan ini terjadi pada minggu ke enam hingga minggu ke delapan setelah pembuahan terjadi. Sering buang air kecil terjadi karena perubahan hormon yang memengaruhi kinerja kandung kemih.

Sakit Kepala

Para ahli percaya jika perubahan hormon secara cepat karena kehamilan meningkatkan risiko sakit kepala. Sakit kepala juga terjadi karena meningkatkan alirah darah dalam tubuh.

Mimisan atau Gusi Berdarah

Beberapa perempuan mengalami mimisan dan gusi berdarah di awal kehamilannya. Ini terjadi karena selama kehamilan jantung akan bekerja lebih keras dari biasanya. Bagi mereka yang kurang terbiasa dengan kinerja jantung ini lebih rentan mengalami mimisan atau gusi berdarah.

Mood Swing

Tak hanya saat PMS, mood swing juga akan dialami perempuan saat ia hamil muda. Perubahan hormon dalam tubuh bisa berpengaruh besar terhadap perasaan perempuan. Mood swing sangat umum terjadi pada perempuan yang baru pertama kali hamil.

Itulah beberapa tanda kehamilan yang cukup sering terjadi namun sangat jaang disadari. Untuk mendeteksi kehamilan sejak awal, yuk lebih peka terhadap diri sendiri. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓