Waspada, Ini 6 Hal yang Membuat Perempuan Susah Hamil

Mimi Rohmitriasih18 Agu 2019, 09:15 WIB
Susah Hamil

Fimela.com, Jakarta Momen kehamilan menjadi salah satu momen paling mengesankan buat perempuan. Momen kehamilan juga menjadi momen yang begitu ditunggu-tunggu pasangan yang sudah lama menikah tapi tak kunjung diberi buah hati.

Mengenai kehamilan, untuk hamil bisa dikatakan mudah tapi juga susah. Bagi perempuan-perempuan dengan kesuburan yang mengesankan, tentunya ia lebih mudah hamil. Tapi, bagi perempuan yang kurang subur atau mengalami masalah tertentu, hamil menjadi perkara yang cukup sulit dilakukan.

Melansir dari laman prevention.com, kesuburan tak hanya satu-satunya hal yang menghambat proses kehamilan. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan perempuan susah hamil. Perempuan dengan tingkat kesuburan mengesankan tetap saja kesulitan hamil jika mengalami hal-hal ini. Apa saja?

Penyebab Perempuan Susah Hamil

Susah Hamil
Ilustrasi/copyright shutterstock.com
  1. Menunda kehamilan terlau lama. Para ahli meyakini jika perempuan yang menunda kehamilan terlalu lama bisa lebih sulit hamil. Usia produktif seseorang adalah 22 hingga 35 tahun. Lebih dari 35 tahun tidak menutup kemungkinan perempuan akan kesulitan hamil.
  2. Menderita penyakit seksual menular. Perempuan dengan risiko penyakit menular seksual besar kemungkinan akan susah hamil.
  3. Terlalu kurus. Memiliki tubuh langsing memang cantik dan menawan. Tapi jika terlalu langsing atau kurus, ini bisa menurunkan kesempatan buat hamil.
  4. Terlalu gemuk. Terlalu gemuk atau obesitas juga akan membuat seseorang kesulitan hamil. Lemak yang terlalu menumpuk di tubuh menyebabkan kelebihan produksi estrogen dan menyebabkan ovulasi tidak teratur.
  5. Olahraga atau aktivitas terlalu berat. Tubuh yang terlalu lelah karena olahraga dan aktivitas terlalu beras bisa menurunkan kesempatan hamil. Tak hanya berlaku pada perempuan, olahraga dan aktivitas terlalu berat pada pria juga membuat sperma yang ia hasilkan kurang ampuh untuk membuahi sel telur istri.
  6. Konsumsi suplemen. Beberapa penelitian menemukan jika konsumsi suplemen memang baik. Tapi, jika berlebihan ini juga akan berpengaruh besar terhadap kesempatan buat hamil. Batasi konsumsi suplemen atau vitamin agar memudahkanmu untuk hamil.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan perempuan kesulitan hamil. Selain hal di atas, hal lain seperti stres, depresi, pola hidup tak sehat, suami kurang subur dan penggunaan pelumas setiap berhubungan intim juga membuat perempuan kesulitan hamil.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓