Waspada Mom, Ini Bahaya Polusi Udara Terhadap Kesehatan Anak

Mimi Rohmitriasih15 Agu 2019, 15:19 WIB
anak sakit

Fimela.com, Jakarta Polusi udara menjadi masalah yang cukup serius di tanah air akhir-akhir ini. Asap kendaraan, limbah pabrik, tingginya jumlah perokok dan masih banyak lagi menjadi penyebab umum dari polusi udara.

Menurut para ahli, menghirup polusi udara bisa meningkatkan berbagai masalah kesehatan. Masalah kesehatan ini bahkan akan meningkatkan berkali-kali lipat pada ibu hamil dan anak-anak. Ada beragam masalah kesehatan yang bisa menyerang anak-anak karena polusi udara.

Melansir dari laman health.com, masalah kesehatan tersebut mulai dari asma, pneumonia, jantung, gangguan imunitas, malnutrisi dan masih banyak lagi. Jika polusi udata terus menerus dihirup oleh anak-anak, ini bahkan bisa meningkatkan risiko anak kesulitan berpikir, radang otak dan sejenisnya.

Bahaya Polusi Udara Terhadap Anak

Anak Flu
ilustrasi/copyright shutterstock.com

Melansir dari laman Liputan6.com, dokter spesialis anak dan respirologi Wahyuni Indawatim menjelaskan, “Polusi udara berbahaya buat kesehatan terutama kesehatan anak. Pengaruh polusi udara yang paling umum pada anak adalah iritasi mata, infeksi saluran pernafasan, penurunan fungsi paru, masalah peru dan jantung serta beberapa penyakit mematikan lainnya.”

Anak yang menghirup udara kotor secara terus menerus setiap hari, ini bisa berdampak buruk pada kesehatannya tak hanya saat itu tetapi juga saat ia dewasa kelak. Untuk mencegah anak menghirup polusi udara, orangtua penting memberikan masker ke anak.

Agar anak terhindar dari paparan polusi udara, penting juga bagi orangtua untuk membatasi aktivitas anak di skeitar jalanan yang penuh kendaraan atau berada di tempat-tempat yang terdapat banyak asap pembakaran sampah dan sejenisnya. Orangtua juga disarankan untuk memperhatikan secara lebih baik lagi setiap asupan nutrisi dan gizi yang masuk ke tubuh anak. Minta anak untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan serta minum.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓