Tantangan Mengasuh Anak yang Kerap Dialami Orangtua Masa Kini

Mimi Rohmitriasih16 Agu 2019, 13:10 WIB
Ibu dan Anak

Fimela.com, Jakarta Mengasuh dan merawat buah hati atau anak di masa yang serba modern seperti ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Setiap orangtua harus pandai-pandai mengasuh buah hati agar ia tidak terjerumus ke hal-hal yang tak diinginkan.

Orangtua juga harus memantau dan lebih dekat ke anak-anak agar anak merasa lebih tenang, nyaman dan bahagia. Memberi anak uang cukup setiap harinya tanpa dekat dengan mereka tak akan membuat anak merasa lebih bahagia. Ini juga tak akan membuat anak menjadi pribadi yang lebih baik ke depannya.

Melansir dari laman Liputan6.com, mengasuh anak di masa kini cukup menguras tenaga dan pikiran. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi orangtua. Apa saja tantangan tersebut?

Tantangan Mengasuh Anak di Masa Kini

Ibu dan Anak
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Menurut seorang psikolog bernama Saskhya Aulia Prima, sedikitnya ada empat tantangan yang harus dihadapi orangtua ketika mengasuh anak di masa kini. Tantangan tersebut meliputi:

  1. Perkembangan media telekomunikasi dan informasi saat ini membuat anak lebih mudah terpapar berbabagi informasi dari orang asing. Perkembangan di dunia digital juga membuat anak lebih mudah mengetahui banyak hal dari hal-hal yang paling baik hingga buruk sekalipun.
  2. Ketika mendapat informasi atau nasehat dari orangtua, anak cukup sulit menerima informasi dan nasehat tersebut. Anak-anak yang cenderung lebih cerdas dari orangtua tidak jarang meremehkan kemampuan orangtuanya sendiri. Pengaruh dari orang-orang di sekitar anak juga berperan penting dalam menentukan sikap dan karakter anak.
  3. Orangtua di era modern seperti sekarang ini kemungkinan besar tidak bisa mengawasi anak selama 24 jam penuh.
  4. Kesibukan orangtua yang padat membuat mereka kurang bisa membangi waktu untuk anak-anak. Berbagai kesibukan orangtua membuatnya kurang bisa menjalankan perannya sebagai orangtua dengan baik sehari-harinya.

Itulah beberapa tantangan yang kerap dialami orangtua saat mengasuh anak di era modern seperti sekarang ini. Beberapa tantangan lain yang juga dialami orangtua antaranya adalah komunikasi yang kurang antara anak dan orangtua, anak lebih dekat dengan asisten rumah tangga atau kakek neneknya dibanding dengan orangtua, anak sulit dikendalikan karena pengaruh teman juga gadgetnya serta masih banyak lagi.

Meski mengasuh anak di era seperti sekarang ini cukup sulit, pastikan untuk tetap tegar, sabar dan berusaha jadi orangtua terbaik. Sesibuk apapun aktivitas Mom, usahakan untuk tetap menyediakan waktu khusus buat anak-anak setiap harinya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓