Alasan Hamil di Atas Usia 35 Sangat Berisiko

Mimi Rohmitriasih23 Agu 2019, 15:51 WIB
Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Mengandung atau hamil menjadi salah satu momen yang sangat berkesan buat setiap perempuan. Usia perempuan yang paling ideal untuk hamil adalah antara 20 sampai 30 tahun.

Penelitian menyebutkan jika usia di atas 30 tahun terlebih usia 35 tahun sangat berisiko buat ibu maupun janin. Ibu yang hamil di atas usia 35 tahun akan rentan mengalami berbagai masalah di kehamilannya.

Melansir dari laman parents.com, secara biologis usia produktif dan aman perempuan untuk mengandung adalah usia 32 hingga 33 tahun. Lebih dari itu, akan ada beberapa hal yang harus dihadapi perempuan jika memutuskan untuk mengandung atau hamil.

Bahaya Hamil di Atas Usia 35 Tahun

Kehamilan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Sebenarnya di atas usia 35 tahun perempuan masih bisa mengandung dan melahirkan dengan selamat. Hanya saja, ini harus didukung dengan pola hidup yang benar-benar sehat. Ini juga harus didukung dengan pikiran bahagia, asupan nutrisi, olahraga dan istirahat cukup.

Melansir dari laman Liputan6.com, Hasto Wardoyo, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional mengungkapkan jika tubuh perempuan yang berusia lebih dari 35 tahun bisa dikatakan sudah menua. Saat tubuh menua ini, akan ada banyak risiko yang dialami ibu jika memaksa tetap hamil. Risiko itu mulai dari tensi naik, plasenta kecil, risiko bayi cacat hingga kemungkinan besar ibu melahirkan secara caesar.

Dokter Resthie Rachmanta Putri, M.Epid dari Klikdokter menyarankan agar ibu hamil dengan usia di atas 35 tahun untuk rutin mengonsultasikan kehamilannya dengan dokter atau bidan ahlinya. Ibu hamil harus lebih memerhatikan pola hidupnya. Hindari beragam hal yang meningkatkan risiko keguguran seperti merokok, konsumsi alkohol, kelelahan dan sejenisnya.

Walau tak ada keluhan apapun dengan kehamilanmu, pastikan untuk rutin memeriksakan kondisi kesehatanmu.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓