3 Hal Penting yang Sebaiknya Diperhatikan Selama Menyusui

Mimi Rohmitriasih26 Agu 2019, 14:17 WIB
Menyusui

Fimela.com, Jakarta Menyusui merupakan aktivitas yang kelihatannya sepele namun begitu menguras emosi. Setelah melahirkan, Mom penting menyusui buah hatinya secara eksklusif hingga bayi berusia 6 bulan.

Menyusui memiliki banyak manfaat buat kesehatan ibu maupun buah hati. Agar manfaat menyusui ini semakin mengesankan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan Mom selama menyusui.

Melansir dari laman asianparent.com, inilah sedikitnya 3 hal yang harus diperhatikan Mom selama menyusui.

Hal yang Penting Diperhatikan Selama Menyusui

Menyusui
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Waktu dan Tempat

Hal pertama yang sebaiknya diperhatikan adalah waktu dan tempat menyusui. Untuk bayi yang baru lahir umumnya memerlukan asupan ASI maksimal setiap 3 jam sekali. Seiring dengan bertambahnya usia bayi, waktu yang diperlukan untuk menyusui semakin berkurang. Mengenai tempat, sebaiknya susui bayi di tempat yang nyaman seperti rumah, ruang menyusui (jika di tempat umum) atau di ruang tertentu yang membuat Mom nyaman.

Alergi Bayi Karena Konsumsi ASI

Saat menyusui buah hati, perhatikan selalu apakah bayi mengalami alergi atau tidak setelah menyusui. Umumnya, adanya alergi ini bisa dideteksi di 6 bulan awal usia bayi. Alergi bayi bisa timbul setelah mom mengonsumsi makanan tertentu dan bayi menyusui.

Nutrisi Mom Selama Menyusui

Hal penting ketiga yang penting diperhatikan adalah nutrisi mom selama menyusui. Pastikan mom memiliki asupan nutrisi cukup setiap harinya. Miliki juga waktu istirahat, olahraga dan asupan air putih cukup. Hindari juga stres selama kehamilan hingga menyusui.

Itulah beberapa hal yang penting diperhatikan selama menyusui. Semoga informasi ini bermanfaat ya Mom.

#GrowFearless with FIMELAless

Lanjutkan Membaca ↓