Amankah Anak Usia 1 Tahun Minum Obat Cacing?

Mimi Rohmitriasih02 Sep 2019, 12:59 WIB
anak

Fimela.com, Jakarta Setiap orangtua pasti ingin memiliki anak yang sehat dan terhindar dari berbagai masalah termasuk masalah cacingan. Karena cacingan, tidak sedikit anak yang tumbuh kembangnya terhambat. Anak dengan risiko cacingan juga sulit mengalami kenaikan berat badan meski makannya banyak.

Mengenai anak dengan kondisi cacingan, apalah anak usia 1 tahun boleh diberi obat cacing? Apa efek yang ditimbulkan ketika anak mengonsumsi atau minum obat cacing?

Konsumsi Obat Cacing pada Anak

Bayi Menyusui
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Melansir dari laman liputan6.com, anak usia 1 tahun boleh saja konsumsi obat cacing. Saat anak menderita cacingan, dokter akan merekomendasikan orangtua untuk memberi anak obat cacing. Tentunya hal ini atas resep dokter ya.

Sedangkan untuk anak yang tidak sedang menderita cacingan, konsumsi obat cacing boleh-boleh saja. Ini berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan dan kesehatan anak. Ini juga bermanfaat mencegah anak dari risiko cacingan.

Ariani Dewi Widodo, seorang dokter spesialis dan konsultan kesehatan anak mengungkapkan jika anak yang sehat bisa diberi obat cacing untuk mencegah infeksi cacing. Jenis obat cacing yang bisa diberikan adalah Pyrantel. Selain untuk mencegah perkembangan dan pertumbuhan cacing di tubuh, ini juga bermanfaat mengobati infeksi pada anak akibat cacing kremi dan cacing gelang.

Selain Pyrantel, jenis obat cacing lain yang bisa diberikan ke anak adalah Albendazole. Agar anak terhindar dari risiko cacingan, pastikan anak mencuci tangan sebelum makan, sesudah makan dan melakukan aktivitas apapun. Jaga kebersihan tubuh dan lingkungan anak. Berikan makanan empat sehat lima sempurna dan minta anak konsumsi air putih cukup setiap harinya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓