Banyak Orangtua Baru yang Kekurangan Tidur Setiap Malam

Anisha Saktian Putri07 Sep 2019, 10:00 WIB
Orangtua tidur malam/Pixabay PublicDomainPictures

Fimela.com, Jakarta Untuk pertama kalinya, Sleep Junkie melakukan survei terhadap orang tua dengan anak-anak di bawah 18 bulan. Mereka mengajukan pertanyaan untuk mencari tahu seperti apa tahun pertama menjadi orang tua. Survei menemukan bahwa mayoritas orang tua baru tidur antara 5 dan 6 jam setiap malam.

Rata-rata, setiap orangtua baru kehilangan waktu tidur 109 menit setiap malam selama tahun pertama setelah melahirkan. Ini sama halny seperti ketika kalian berada di perguruan tinggi lagi.

Padahal, kekurangan tidur dapat berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental. Hal inilah bisa membuatmu mengigau.

"Sebagai orang tua pertama kali, penting untuk mengingat semuanya adalah fase, baik dan buruk, tetapi akhirnya akan berlalu," kata Hayley Bolton dan Renee Learner Ahli tidur dari Forty Winks Sleep Consultancy dilansir dari healthline, Sabtu (7/9/2019). 

Dan sampai itu berlalu, Bolton dan Learner dapat membantu mengatur waktu malammu yang lebih tenang. Tidurkanlah bayi saat mereka mengantuk. Jadikan malam hari tenang dengan menjaga ruangan gelap, berbicara dengan tenang, dan menghindari kontak mata sesedikit mungkin ketika tiba waktunya untuk tidur.

Rutinitas waktu tidur

Tidur
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/totojang1977

Menurut survei Sleep Junkie, orang tua hanya menghabiskan 5 persen dari hari mereka untuk perawatan diri. Jadi, kemana perginya mereka sepanjang hari?

Orang tua baru menghabiskan hampir 5 jam sehari untuk melakukan tugas-tugas berikut - semua upaya hanya untuk mencoba dan membuat bayi itu tertidur:

41 menit berkendara berkeliling mencoba untuk membuat bayi mereka tidur - setara dengan mengemudi 20 mil setiap hari!1 jam 21 menit berjalan bayi1 jam 46 menit menyusui bayi34 menit membaca untuk bayiDan jangan lupa tentang mandi dan bersendawa pada bayi yang baru lahir.

Untuk itu, agat tidur berkualitas sebaiknya orangtua tidur lebih awal, mandi, pijat, mengenakan pakaian tidur, dan menggunakan cahaya redup.

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓