Tak Perlu Risau, Anak yang Lahir Saat Usiamu 30an Tahun Justru Lebih Cerdas

Febi Anindya Kirana07 Sep 2019, 10:15 WIB
melahirkan

Fimela.com, Jakarta Hamil di atas usia 30an tahun memang mengkhawatirkan, terutama risiko keguguran yang tinggi. Meksi demikian, beberapa perempuan tak punya pilihan lain selain mengalaminya di usia ini. Lagipula, bukan berarti tidak ada kelebihan sama sekali jika hamil di usia ini.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Biodemography and Social Biology menunjukkan bahwa ibu yang melahirkan anak pertamanya di usia 30an tahun akan melahirkan anak yang lebih cerdas daripada ibu yang melahirkan anak di usia lebih muda.

Manfaat Melahirkan di Usia 30an Tahun

Kehamilan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/nokkaew

Penelitian yang dilakukan di UK dengan cara mengumpullan 18 ribu anak-anak di Millennium Cohort Study ini menunjukkan bahwa anak-anak yang lahir dari ibu yang melahirkannya di usia 30a tahun secara umum memiliki skor tinggi setelah menjalani tes kognitif di usia lima tahun.

Penelitian lain yang dilakukan di Swedia juga menunjukkan bahwa Grade Point Average (GPA) anak-anak yang memiliki skor tinggi ternyata terlahir dari ibu-ibu dengan usia 35-39 tahun.

Jadi, jangan berkecil hati apalagi meremehkan perempuan yang baru bisa hamil di kisaran usia 30 tahun ke atas, karena ternyata anak-anak mereka akan cenderung lebih cerdas.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓