5 Cara Mendidik Anak Agar Lebih Disiplin Sejak Dini

Mimi Rohmitriasih12 Sep 2019, 12:23 WIB
Ibu dan Anak

Fimela.com, Jakarta Setiap orangtua pasti bahagia ketika mendapati buah hatinya tumbuh dan berkembang jadi pribadi yang disiplin serta mengesankan. Setiap orangtua tentu juga berharap bahwa buah hatinya tumbuh dan berkembang jadi anak yang membanggakan.

Agar anak menjadi pribadi yang disiplin dan membanggakan tentu bukan perkara mudah. Orangtua perlu mendidik anak sebaik mungkin sejak usianya sedini mungkin. Orangtua juga perlu membiasakan kedisiplinan pada anak sejak ia berusia sedini mungkin.

Melansir dari laman parents.com, ada beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua untuk membiasakan kedisiplinan pada anak usianya sedini mungkin.

Cara Agar Anak Disiplin

Ibu dan Anak
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Konsisten dalam Menasehati Anak

Ketika Mom ingin anak lebih disiplin dan memahami apa yang menjadi kemauan Mom, Mom penting konsisten untuk menasehatinya. Menasehati anak tak harus dengan kata-kata kasar atau marah-marah dengan suara tinggi. Menasehati anak dengan tenang justru akan membuatnya lebih memahami perintah dan larangan dari orangtua.

Ikuti Pola Pikir Anak

Claire Lerner, seorang spesialis perkembangan anak melalui WebMD mengungkapkan jika mengikuti pola pikir anak akan membuatnya lebih disiplin. Jangan mudah marah, menghakimi atau bahkan menghukum anak jika membuat rumah berantakan, mencoret-coret tembok atau melakukan kesalahan lainnya. Jika anak salah, orangtua cukup menasehatinya dan mengikuti apa yang diinginkan anak. Jika keinginan tersebut tidak baik, orangtua bisa menasehati dan menyadarkan dia bahwa apa yang dilakukannya tidak baik.

Abaikan Anak Saat Merasa Buruk

Bagi sebagian besar orangtua akan merasa sangat kasihan ketika mendapati anak dimarahi lalu menangis. Tega tak tega, orangtua perlu berlaku lebih bijak dan mengabaikan anak saat dia merasa buruk untuk sementara waktu. Mengabaikan anak ini akan membuatnya menyadari bahwa kesalahannya tak bisa dimaafkan dan dia tidak boleh mengulanginya lagi. Mengabaikan anak untuk sementara waktu akan membuatnya menyadari dampak dari yang ia lakukan.

Biarkan Anak Menghadapi Masalahnya Sendiri

Saat anak melakukan kesalahan dan ia harus menghadapi konsekuensi atas apa yang ia lakukan, biarkan anak untuk menghadapi masalahnya sendiri. Jika anak salah makan orangtua harus memberinya pengertian bahwa yang dilakukannya salah. Jangan memanjakan anak apalagi membela anak saat ia salah. Ini justru akan membuatnya semakin tak disiplin bahkan membangkang pada orangtua juga orang-orang di sekitarnya karena merasa ada yang siap membelanya.

Cerminkan Perilaku Anak

Jika anak sering mengamuk dan menolak jika diminta melakukan sesuatu, Mom juga bisa menolak jika anak meminta sesuatu dari Mom. Cara ini dikatakamn bisa membuat anak lebih peka dan memahami apa yang ia lakukan serta dampaknya.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua agar anak disiplin sejak usianya sedini mungkin. Pastikan untuk selalu mengawasi dan memantau tumbuh kembang anak. Peran orangtua dalam membentuk karakter anak jadi lebih baik itu sangat penting. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓