Jangan Panik, Ini Tips Mengatasi Anak Rewel Akibat Demam Tinggi

Karla Farhana13 Sep 2019, 16:30 WIB
[Fimela] Anak

 

Fimela.com, Jakarta Demam pada anak sebenarnya merupakan gangguan kesehatan yang paling umum. Jika tidak terkait pada penyakit lainnya, sebenarnya demam akan cepat turun dengan penanganan dari dokter dan dukungan dari ibu yang tepat. Namun, kerap kali anak rewel, menangis, dan menolak semua obat serta makanan saat demam tinggi. Hal ini mendorong ibu untuk ikut panik, sedih, dan cemas, bahkan hingga menangis. 

Sebenarnya, menurut Jovita Ferliana, M.Psi, Psikolog Anak, ibu yang mengalami serangan panik ketika anak demam dan rewel merupakan hal yang wajar. Apa lagi, jika hal ini pertama kali dialami sang anak. 

"Ibu-ibu wajar kalau mengalami panik, sedih, dan cemas, bahkan sampai nangis saat anak demam. Apa lagi kalau anak pertama. Namun sikap ini biasanya justru membuat ibu bingung untuk mencari solusi dan pengobatan yang tepat buat anak," jelasnya pada acara peluncurkan Hansaplast Cooling Fever dengan karakter Disney. 

Untuk itu, Christopher Vierhaus, Marketing Director Hansaplast mengatakan, Hansaplast kini meluncurkan Hansaplast Cooling Fever dengan karakter Disney yang membantu anak menjadi lebih tenang dan tidak rewel pada saat mengalami demam. 

"Produk baru ini diperuntukkan bagi ibu yang baru pertama kali memiliki anak. Terutama untuk ibu yang tidak tahu harus berbuat apa ketika anaknya terserang demam," jelasnya. 

Pertolongan Pertama Saat Anak Demam

[Fimela] Hansaplast
Peluncurkan Hansaplast Cooling Fever dengan karakter Disney | FleishmanHillard for Hansaplast

Menurut Jovita, suhu badan yang tinggi bukan hanya satu-satunya tanda anak mengalami demam. Ada beberapa perilaku dan perubahan pada anak ketika demam secara psikologis, antara lain, anak terlihat seperti kelelahan, lesu, kurang aktif, dan bagi beberapa anak, mereka ingin lebih dekat dengan ibu. 

"Kondisi ini menjadikan ibu turut panik dan cemas. Padahal, cemas dan panik sama sekali tidak membantu," jelasnya. 

Untuk itu, Tessa Indira, Junior Brand Manager Hansaplast menjelaskan, Hansaplast Cooling Fever dengan karakter Disney dapat menjadi pertolongan pertama untuk anak yang mengalami demam. Menurutnya, kompres demam ini hadir untuk membantu menenangkan anak yang demam dengan sensasi sejuh di dahi serta tekstur gel yang nyaman. Selain itu, aroma peppermint dan wintergreen-nya juga membantu anak lebih tenang. 

"Selain itu, karakter Disney Avengers dan Frozen yang disukai anak-anak membantu mengalihkan perhatian anak. Sehingga, anak akan lupa dengan demam dan perasaan tidak enak pada tubuhnya," jelas Tessa. 

Namun tentu saja, kompres demam ini hanya menjadi pertolongan pertama pada anak yang mengalami demam, agar tidak rewel dan merasa lebih nyaman. Ibu tetap harus mencari cara yang tepat secara medis untuk menurunkan demam anak. 

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓