7 Cara Mengetahui Anak Kesepian, Perhatikan Tandanya!

Febi Anindya Kirana16 Sep 2019, 17:14 WIB
anak kesepian

Fimela.com, Jakarta Memahami anak-anak memang sulit untuk sebagian besar orangtua. Terkadang anak-anak mengalami hal-hal yang tidak disadari orangtua, seperti misalnya merasa kesepian. Anak-anak memiliki tanda ketika ia merasa kesepian. Tidak selalu tampak murung dan sedih dari luar, ini sekian cara mengetahui anak kesepian.

1. Banyak bicara - Salah satu tanda umum jika anak kesepian adalah ia banyak bicara karena merasa membutuhkan interaksi sosial agar bisa mengalihkan perhatiannya dari rasa kesepian. Sikap seperti ini seringkali membuat orang di sekitarnya lelah, sehingga ia akan semakin dijauhi.

2. Mencari perhatian - Cara anak mencari perhatian ketika kesepian bisa dengan berbagai cara. Bisa jadi positif atau justru negatif dengan cara marah atau merusak barang. Seringkali sikap rewel juga bisa menjadi cara anak mencari perhatian dari orangtua.

3. Membuat teman khayalan - Anak-anak memang punya imajinasi tinggi, namun jangan biarkan ketika anak mulai membuat teman khayalannya sendiri dan menarik diri atau menolak melakukan interaksi sosial nyata dengan teman-teman sebayanya.

Tanda Anak Kesepian

anak kesepian
Photo by Denniz Futalan from Pexels

4. Mengganggu - Anak kesepian akan berusaha mendapatkan perhatian dengan cara mengganggu orangtua atau orang di sekitarnya. Entah itu dengan banyak bertanya, menyela pembicaraan orang lain, atau membangkang kata-kata orang dewasa.

5. Minder - Anak kesepian yang memutuskan menarik diri biasanya akan mengalami rasa kurang percaya diri sehingga ia akan semakin sulit bersosialisasi dengan anak-anak sebayanya dan merasa ketakutan tanpa alasan.

6. Pendiam - Ada anak-anak yang memutuskan menjadi pendiam ketika merasa kesepian. Tipe seperti sulit ditebak karena ada tipe anak yang memang menikmati waktu bermain sendiri, dan ada juga yang terjebak kesepian. Selalu ajak bicara anak untuk mengetahui apa yang terjadi pada anak.

7. Susah bersosialisasi - Meski sering ditemani orangtua, ada kalanya anak kesepian merasa sangat canggung di keramaian karena tak pernah bertemu orang-orang asing. Akan lebih baik jika orangtua sering mengajak anak pergi ke tempat umum agar terbiasa.

Itu dia sekian cara mengetahui apakah anak merasa kesepian, Moms. Selalu perhatikan sikap anak ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓