FIMELA FEST 2019: Biasakan Anak Sarapan Tingkatkan Pengetahuan

Anisha Saktian Putri18 Sep 2019, 14:00 WIB
Kids/Pixabay StockSnap

ringkasan

  • Nutrisi perlu diperhatikan agar anak tubuh baik
  • Nutrisi pun bisa didapatkan ketika kita sarapan pagi. Maka tak ada salahnya jika orangtua membiasakan anak untuk sarapan
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Pola asuh dengan metode mindful parenting memang baik dilakukan orangtua zaman sekarang untuk mengembangkan mental dan emosional anak. Selain itu, nutrisi juga perlu diperhatikan agar anak tumbuh dengan baik.

Nutrisi bisa didapatkan ketika kita sarapan pagi. Maka tak ada salahnya jika orangtua membiasakan anak untuk sarapan sebelum beraktivitas.

Faktanya sekitar 70 persen anak Indonesia tidak sarapan pagi. Padahal sarapan dapat membuat anak semangat untuk beraktivats.

"Salah satu cara pengembangan mutu anak adalah pemberian sarapan pagi, tapi 70 persen anak-anak tidak melakukannya," ujar Bambang Hadi Waluyo, Kasubdit Kelembagaan dan Sarana Prasarana dalam acara Frisian Flag Rangkul Kemendikbud dan BPOM RI Luncurkan Program Edukasi Gizi Gerakan Nusantara 2019 di Kemendikbud RI, Jakarta Pusat, Senin (16/9).

Hasil pre dan post test penyuluhan pada ratusan guru serta murid seputar sikap perilaku gizi, membuktikan bahwa sarapan bisa meningkatkan pengetahuan maupun sikap.

 

Sarapan yang disarankan

kids/pixabay  Bob_Dmyt
kids/pixabay Bob_Dmyt

Sarapan pagi yang disarankan adalah gizi seimbang, terdiri dari berbagai kelompok makanan dan memenuhi 30 persen dari kebutuhan pangan harian.

"Sesuai dengan isi piringku. Lebih lengkap lebih bagus. Kalau terlalu sederhana ya kurang. Minimal 3 warna di piring," tutur Ahmad Syafiq, Pakar Gizi dari Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Universitas Indonesia.

Ia menyarankan sarapan tidak lebih dari jam 9 pagi agar tidak mengantuk dan lebih bersemangat sekolah.

"Anak tidur 8-10 jam tidak mengonsumsi apapun, jadi butuh energi untuk beraktivitas. Teorinya, sarapan membuat orang nggak ngantuk, justru sebaliknya. Kalau udah sarapan dan masih ngantuk, khawatir terkena anemia," paparnya.

Jadi, orangtua bukan hanya menyiapkan mental yang baik untuk anak. Melainkan nutrisi yang cukup juga membuat anak berkembang dengan baik.

Ingin tahu lebih lanjut tentang mindful parenting? Daftarkan dirimu di sini sekarang juga dan dapatkan kesempatan untuk hadir di Fimela Fest 2019

Simak video berikut

#Growfearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓