Mengenal Tanda Anak Sudah Siap untuk Masuk Sekolah

Mimi Rohmitriasih21 Sep 2019, 11:15 WIB
Anak sekolah

Fimela.com, Jakarta Secara umum, anak sudah siap masuk sekolah ketika anak telah memasuki usia 4 sampai 5 tahun. Di usia ini, anak telah menjadi pribadi yang cukup mandiri dan cukup berani untuk bersosialisasi dengan sekitarnya.

Sekolah memberi banyak manfaat buat anak. Selain bermanfaat untuk mengasah kemampuan otaknya, bersekolah juga bisa membantu anak mengenal lingkungan sekitarnya dengan lebih baik. Ia juga akan lebih bisa untuk berinteraksi serta bersosialisasi dengan anak-anak lainnya.

Ketika anak sudah siap untuk masuk sekolah, melansir dari laman babycentre.co.uk ada beberapa tanda yang bisa dilihat dalam diri anak.

Tanda Anak Siap Masuk Sekolah

Anak Sekolah
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Anak yang sudah siap buat masuk sekolah umumnya telah mampu memecahkan masalahnya secara kreatif. Anak ini juga memiliki rasa penasaran yang tinggi terhadap hal baru yang dilihatnya.

Anak-anak yang siap untuk masuk sekolah biasanya telah menguasai kata dengan mudah. Mereka bisa merangkai kalimat dengan baik. Anak juga sudah mengenal huruf, angka serta warna dengan cukup baik. Ketika bermain, anak tahu kapan dia harus memulai bermain dan kapan dia harus berhenti bermain.

Para ahli menyebutkan jika anak yang mudah bergaul, pandai bersosialisasi dan mengapresiakan perasaannya, ia sudah layak untuk masuk sekolah. Anak yang mampu mengikuti arahan, perintah dan larangan dengan baik juga menandakan bahwa dia sudah siap untuk sekolah.

Jika mendapati anak dengan tanda-tanda di atas dan usianya memang cukup untuk masuk sekolah, tak ada salahnya jika orangtua segera memasukkan anak ke sekolah. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓