Mengetahui Usia Terbaik Perempuan untuk Hamil

Mimi Rohmitriasih29 Sep 2019, 12:45 WIB
Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Momen kehamilan menjadi momen yang paling mengesankan buat setiap perempuan. Momen kehamilan juga menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh perempuan yang tela menikah.

Mengenai momen kehamilan, kapan perempuan berada pada masa emas atau terbaik untuk hamil? Usia berapa perempuan bisa tetap bugar, sehat dan jauh dari risiko komplikasi ketika hamil?

Melansir dari laman parents.com, momen kehamilan bisa dilakukan di usia berapapun selama perempuan masih berada pada masa subur, kondisi kesehatannya tidak bermasalah dan ia dijamin mampu menjaga kehamilannya dengan baik. Tapi, para ahli memberi peringatan lebih ke perempuan yang berusia di atas 35 tahun dan menginginkan kehamilan dalam dirinya.

Usia Terbaik untuk Hamil

Kehamilan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Daviniczl

Wendy C. Goodall McDonald, M.D, seorang dokter kandungan di Chicago, Illinois mengemukakan jika usia terbaik perempuan untuk hamil adalah usia 21 sampai 35 tahun. Di usia ini sistem reproduksi perempuan bekerja dengan sangat baik. Di usia ini berbagai risiko kehamilan pada ibu maupun janin juga sangat minim terjadi.

 

Perempuan yang hamil di bawah usia 21 tahun dikatakan memiliki risiko tinggi karena tubuhnya belum sepenuhnya siap untuk hamil. Sedangkan hamil di atas usia 35 tahun akan membuat ibu hamil rentan mengalami berbagai masalah mengingat semakin tinggi usia perempuan semakin menurun sistem reproduksinya. Semakin tinggi usia seseorang, semakin banyak risiko kesehatan yang dialami apalagi bagi mereka yang terbiasa hidup tak sehat.

Mary Jane Minkin, M.D, seorang ahli kandungan di Yale University mengungkapkan jika sebaiknya Mom hamil pada usia antara 21 dan 35 tahun. Dr. Sedangkan Dr. John Mirowsky, seorang profesor sosiologi di Universitas Texas mengungkapkan jika usia paling baik untuk hamil adalah 34 tahun. Di usia ini tubuh perempuan berada pada titik kesehatan optimal. Di usia ini kondisi fisik maupun psikis seseorang telah matang untuk memiliki buah hati.

Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓