10 Cara Sederhana Agar Momen Kehamilan Makin Bahagia

Mimi Rohmitriasih03 Okt 2019, 12:40 WIB
Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Momen kehamilan menjadi salah satu momen yang sangat mengesankan buat setiap perempuan. Perasaan bahagia, khawatir dan cemas menjadi satu di hati. Perubahan hormon yang terjadi di tubuh selama kehamilan membuat perempuan rentan stres, sedih dan galau.

Tidak sedikit perempuan yang mudah marah, menangis dan sangat sensitif saat hamil. Jika sudah begini, suami dan semua anggota keluarga harus mau menciptakan suasana keluarga yang menyenangkan dan bahagia. Semua anggota keluarga harus memberi dukungan yang baik agar ibu hamil senantisa nyaman selama sembilan bulan masa kehamilannya.

Melansir dari laman parents.com, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar momen kehamilan Mom makin bahagia. Berikut beberapa cara tersebut.

Cara Agar Ibu Hamil Bahagia

Kehamilan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com
  1. Cara pertama agar kehamilan menjadi momen bahagia adalah ibu hamil harus mengonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi seimbang. Para ahli menyarankan agar ibu hamil mengonsumsi makanan yang tinggi protein, zat besi dan kalsium. Ibu hamil juga harus memperbanyak asupan sayur, buah serta air putih.
  2. Selanjutnya, ibu hamil penting mengikuti kelas kehamilan. Dengan mengikuti kelas kehamilan, ibu hamil akan lebih tahu mengetahui mengenai banyak hal tentang kehamilannya.
  3. Agar ibu hamil bahagia, memperhatikan berat badannya adalah hal yang utama. Sebaiknya ibu hamil menjaga berat badan agar tetap berada di posisi ideal, Berat badan ideal akan membuat ibu hamil merasa tetap percaya diri dan bahagia.
  4. Miliki olahraga cukup setiap harinya. Olahraga ringan seperti jalan kaki, yoga dan senam kehamilan sangat baik untuk menunjang kesehatan ibu hamil.
  5. Periksakan dan konsultasikan kehamilan pada dokter atau bidan ahlinya. Rutin memeriksakan kondisi kehamilan ini akan membuatmu makin tenang dan bahagia.
  6. Usahakan untuk memiliki tidur cukup setiap harinya. Tidur cukup membantu Mom meringankan stres atau depresi selama kehamilan.
  7. Sempatkan waktu Mom untuk ngobrol dengan orang lain baik itu keluarga, tetangga atau sahabat-sahabatmu. Sharing atau ngobrol dengan banyak orang membuatmu lebih rileks, nyaman dan tenang.
  8. Rencanakan masalah keuangan dengan sebaik mungkin. Rencana keuangan yang buruk akan meningkatkan risiko stres dan depresi selama kehamilan. Belilah sesuatu yang memang dibutuhkan dan sesuaikan dengan anggaran sehari-hari.
  9. Nikmati waktu sendiri. Menikmati waktu sendiri selama kehamilan sangatlah penting. Dengan menikmati waktu sendiri, dirimu akan lebih tahu mengenai apa yang diinginkan dirimu seutuhnya. Menikmati waktu sendiri juga akan membuatmu lebih mengenal diri sendiri secara lebih baik.
  10. Nikmati masa kehamilan dengan setenang dan sesabar mungkin. Selalu berpikir positif akan membuat momen kehamilan terasa lebih bahagia dan mengesankan.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan agar momen kehamilan terasa makin bahagia setiap harinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓