Sukses

Parenting

Duduk Terlama Lama Bisa Membahayakan Kesehatan Ibu Hamil

Fimela.com, Jakarta Kehamilan menjadi momen yang sangat mengesankan buat setiap perempuan. Saat hamil, Mom harus menjaga kesehatan dengan sebaik mungkin. Mom juga harus memperhatikan setiap asupan nutrisi yang masuk ke tubuh.

Para ahli mengungkapkan jika ibu hamil tak boleh terlalu capek. Ibu hamil juga tak boleh melakukan berbagai aktivitas berat karena ini bisa membahayakan kehamilan terutama membahayakan janin di kandungan.

Salah satu hal yang perlu dihindari ibu hamil selama kehamilan adalah kebiasaan duduk terlalu lama. Melansir dari laman parents.com, duduk terlalu lama selama kehamilan bisa meningkatkan berbagai risiko masalah kesehatan pada ibu hamil pun janin.

Bahaya Duduk Terlalu Lama Saat Hamil

Pada dasarnya ibu hamil tidak boleh terlalu lelah setiap harinya. Duduk dan berbaring di tempat tidur adalah hal yang bisa dilakukan ibu hamil untuk mengurangi risiko kelelahan. Namun, jika duduk dan berbaring di tempat tidur ini dilakukan terlalu lama, ini tentunya tidak baik buat kesehatan ibu maupun janin di kandungan.

Para ahli mengungkapkan jika duduk terlalu lama bisa meningkatkan risiko stres dan kecemasan bagi ibu hamil. Penelitian yang dilalukan ahli menemukan jika ibu hamil yang kebiasaannya duduk, berbaring atau tidur terlalu lama cenderung merasa kesepian, kurang bersemangat dan ketakutan. Inilah yang kemudian meningkatkan risiko stres dan kecemasan selama hamil.

 

Perasaan stres dan cemas bisa berpengaruh buruk buat kesehatan ibu dan janin di kandungan. Perasaan stres dan cemas dikhawatirkan bisa menghambat tumbuh kembang janin. Perasaan stres ini juga bisa meningkatkan risiko menurunnya nafsu makan yang berpengaruh pada kesehatan ibu pun janin.

Agar ibu hamil senantiasa sehat, ia perlu menerapkan pola hidup sehat selama hamil. Hindari kebiasaan yang menurunkan kesehatan selama hamil misalnya duduk terlalu lama, berdiri terlalu lama, berada di sekitar perokok, konsumsi obat-obatan, melakukan aktivitas berat dan masih banyak lagi. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading