FIMELA FEST 2019: Tantangan Mengasuh Anak di Era Digital dan Cara Menghadapinya

Meita Fajriana04 Okt 2019, 19:00 WIB
Pola asuh anak era digital

ringkasan

  • Seiring dengan perkembangan dunia digital, ternyata memberikan tantangan tersendiri bagi orangtua dalam mengasuh anak.
  • Tantangi ini bisa dihadapi dengan bijak dan cerdas menggunakan teknologi digital.
  • Ditambah dengan pengawasan dari orangtua pada anak ketika menggunakan perangkat digital.
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Perkembangan dunia digital saat ini memberikan kemudahan untuk berbagai lini kehidupan. Salah satunya juga dalam hal mengasuh anak. Orangtua dimudahkan dengan informasi yang bisa diakses melalui ponsel pintar mereka. Belum lagi fitur dan aplikasi yang memudahkan orangtua dalam menentukan jadwal si kecil dan memberikan yang terbaik untuk mereka.

Namun, selain dampak positifnya, era digital juga memiliki tantangan tersendiri dalam mengasuh sang buah hari. Orangtua harus lebih bijak memberikan kebebasan pada anak untuk mengakses internet dan berselancar di dunia maya. Kegiatan belajar dengan teknologi digital ini tentunya harus tetap dengan pengawasan orang tua.

Karena jika era digital ini tidak disikapi dengan bijak, akan berpengaruh pada pola asuh si kecil. Kemajuan digital memungkinkan anak mengakses dan dikuasai oleh media sosial dan teknologi lainnya. Hal ini akan sulit bagi orangtua untuk menumbuhkan nilai-nilai yang positif kepada anak, karena paparan informasi yang beragam dan bebas.

Menurut survei yang dilansir dari Life360, Jumat  (4/10/2019), lebih dari 67 persen orangtua percaya bahwa era digital telah menjadikan pengasuhan anak lebih sulit, bahkan sangat sulit, sehingga 25 persen di antaranya berharap internet tidak pernah ditemukan.

Survei ini dilakukan pada 2.000 orang tua di Amerika, dengan anak-anak berusia antara 6 dan 25 tahun, dan menemukan lebih banyak wawasan tentang tren pengasuhan anak terbaru dan kekhawatiran yang mereka miliki ketika mengasuh anak di era teknologi. Era digital menghadirkan kemudahan sekaligus memberikan tantangan kepada pada orangtua.

Tantangan mengasuh anak di era digital

Seiring perkembangan era digital membuat keluarga harus beradaptasi dengan perubahan zaman. Kecepatan informasi dari dunia digital membuat anak-anak memiliki pola tumbuh yang berbeda. Sayangnya masih banyak orangtua yang belum memberi perhatian lebih pada pola asuh yang tepat pada anak di era serba digital ini.

Seperti orangtua yang membiarkan anak-anak mereka menggunakan internet tanpa pengawasan daripada membuat waktu tidur sendiri. Orangtua juga mudah mengizinkan anak pergi bersama teman tanpa pengawasan.

Ketika anak-anak mereka memasuki usia dua belas tahun, sudah menjadi tren orangtua akan mengizinkan untuk mendapatkan telepon seluler dan akun media sosial pertama mereka daripada menghadiri acara kemah.

 

Memberlakukan aturan pada anak

Pola asuh anak era digital
Pola asuh anak era digital. (Foto: Brett Sayles from Pexels)

Meskipun mungkin sulit untuk membuat aturan dasar dalam keluarga di era digital ini, namun ada beberapa aturan tradisional yang tetap dipegang teguh oleh orangtua. Misalnya, orangtua masih perlu bertemu dan menyapa dengan orang tua lain sebelum mengizinkan mereka menginap. Orangtua juga masih mengharuskan anak-anak mereka memiliki SIM saat mengemudi bersama teman-teman. Hingga contoh aturan dasar yang lebih modern untuk era digital yaitu orang tua melarang ponsel di kamar tidur setelah waktu tertentu.

 

Parenting dan teknologi

Pola asuh anak era digital
Pola asuh anak era digital. (Foto: zhang kaiyv from Pexels)

Menghadapi era digital, parenting dan teknologi tidak bisa dipisahkan. Untuk menggunakannya kemajuan teknologi dengan bijak, orangtua harus lebih pintar dalam mengasuh sang buah hati. Seperti bisa membuat kelompok pesan yang berisikan para orangtua untuk memantau anak-anak mereka.

Selain itu, juga ada kelompok pesan keluarga yang menumbuhkan kedekatan terhadap anggota keluarga meski tidak bertemu sepanjang hari. Jika dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan tetap dalam pengawasan orangtua, perkembangan digital tidak lagi menjadi momok yang menakutkan pada perkembangan anak. 

Yuk mulai belajar menjadi ibu bijak dan pintar untuk mempersiapkan anak menghadapi era digital. Fimela akan mengajakmu mengatahui lebih dalam tentang pola asuh anak di era digital dalam gelaran FIMELA FEST 2019. Acara tahunan ini akan berlangsung pada tanggal 11-17 November 2019 di Gandaria City.

Akan hadir Melly Amaya Kiong dalam talkshow bertajuk "Menyiapkan Anak Menghadapi Era Modern”. Melly Amaya Kiong adalah praktisi mindful parenting yang telah menerbitkan beberapa buku tentang pola pengasuhan anak mengutamakan kedekatan emosional.

Ingin tahu lebih banyak tentang mindful parenting? Daftarkan dirimu segera di sini dan dapatkan kesempatan untuk hadir di FIMELA FEST 2019!

FIMELA FEST 2019
FIMELA FEST 2019

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓