Waspada, 4 Kebiasaan Sepele Ini Membahayakan Kehamilan

Mimi Rohmitriasih05 Okt 2019, 10:30 WIB
Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Kehamilan menjadi momen yang sangat mengesankan buat setiap perempuan. Saat hamil, setiap perempuan diharuskan lebih menjaga kesehatannya. Para ahli juga menyarankan agar setiap perempuan hamil lebih memperhatikan kesehatan serta keselamatan janin di kandungannya.

Selama kehamilan, ada banyak hal yang harus diperhatikan ibu hamil. Ada beberapa kebiasaan yang harus diterapkan dan ada beberapa kebiasaan yang benar-benar harus dihindari untuk mengurangi risiko bahaya.

Melansir dari laman hellosehat.com, sedikitnya ada kebiasaan sepele yang harus dihindari selama kehamilan agar kehamilan senantiasa sehat dan selamat. Punya kebiasaan ini dikhawatirkan bisa membahaya kehamilan bahkan meningkatkan risiko kelahiran prematur pada janin.

Kebiasaan yang Membahayakan Kehamilan

Kehamilan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Duduk Terlalu Lama

Ibu hamil memang disarankan untuk banyak istirahat. Duduk adalah cara istirahat yang paling mudah untuk dilakukan. Namun, meski duduk adalah cara mudah untuk istirahat, duduk selama kehamilan tidaklah baik. Duduk terlalu lama selama kehamilan bisa meningkatkan risiko stres, cemas, depresi dan tubuh pegal-pegal.

Berdiri Terlalu Lama

Penelitian yang dilakukan para ahli di University of Warwick menyebutkan jika berdiri terlalu lama juga membahayakan kehamilan. Berdiri terlalu lama bisa meningkatkan risiko sakit punggung, pembengkakan kaki dan risiko cepat lelah.

 

Lupa Konsumsi Obat Penambah Darah

Kehamilan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Lupa Konsumsi Obat Penambah Darah

Beberapa ibu hamil akan diberi resep obat penambah darah oleh dokter atau bidan. Kebiasaan lupa mengonsumsi obat penambah darah ini cukup membahayakan buat kehamilan apalagi untuk Mom yang memiliki riwayat tekanan darah rendah. Selama kehamilan, Mom sebaiknya tidak menderita tekanan darah rendah pun tekanan darah tinggi.

Berada di Sekeliling Perokok

Kebiasaan yang sebaiknya dihindari selama kehamilan adalah berada di sekeliling perokok. Berada di sekeliling perokok bisa membahayakan janin di kandungan. Para ahli mengungkapkan jika menjadi perokok pasif lebih berbahaya dari pada menjadi perokok aktif.

Itulah beberapa kebiasaan yang bisa membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin sehingga harus dihindari. Semoga informasi ini bermanfaat. Untuk mendapatkan kesehatan yang lebih maksimal selama kehamilan, konsultasikan hal ini dokter atau bidan ahlinya dan miliki pola hidup sehat.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓