Fimela Fest 2019: Beberapa Pola Asuh yang Menentukan Anak Berperilaku Baik atau Buruk di Era Modern

Anisha Saktian Putri07 Okt 2019, 17:30 WIB
[FIMELA] Fimelahood Mindful Parenting: Belajar Jadi Orangtua yang Sadar Diri

Fimela.com, Jakarta Para peneliti mengatakan bahwa ketika pola asuh orang tua sangat mengendalikan dan mengharapkan anak-anak untuk mengikuti aturan mereka tanpa pertanyaan, anak-anak lebih cenderung tidak sopan dan nakal.

Dilansir dari Parents.com, salah satu temuan utama dari penelitian ini, yang diterbitkan dalam Journal of Adolescence edisi Februari, hasilnya bahwa anak-anak yang memercayai orang tua mereka dan menganggap mereka sebagai figur otoritas yang sah cenderung tidak terlibat dalam perilaku nakal.

Peneliti juga menemukan bahwa pola asuh dengan persepsi seorang anak terhadap otoritas orang tuanya tergantung pada gaya pengasuhan yang digunakan Ayah dan Ibu.

 

Studi ini menguraikan tiga gaya pengasuhan utama:

FIMELA FEST 2019
FIMELA FEST 2019

Orang tua yang berwibawa menuntut dan mengendalikan, tetapi juga mau menerima kebutuhan anak-anak mereka. Orang tua ini bertujuan untuk menjalin komunikasi dua arah dengan anak-anak mereka untuk menjelaskan mengapa mereka membuat peraturan dan mendengarkan pendapat anak-anak mereka tentang aturan itu.

Orang tua yang otoriter menuntut dan sangat mengendalikan. Mereka tidak menjelaskan alasan mereka menetapkan aturan, dan tidak terbuka untuk mendengarkan pendapat anak mereka tentang aturan itu. Orang tua ini memiliki pendekatan "jalan saya atau jalan raya", dan mengharapkan aturan diikuti tanpa pertanyaan.

Orang tua yang permisif tidak menuntut atau mengendalikan. Orang tua ini memperhatikan kebutuhan anak-anak mereka, tetapi menetapkan beberapa batasan, dan peraturan apa pun yang mereka buat jarang ditegakkan.

Para peneliti menganalisis tanggapan survei dari sekitar 600 siswa sekolah menengah dan menengah dan menemukan bahwa gaya pengasuhan yang otoriter membuat anak-anak kurang menghormati otoritas orangtua mereka. Anak-anak ini lebih mungkin daripada yang lain dalam penelitian untuk terlibat dalam perilaku nakal seperti pencurian.

Gaya otoritatif adalah yang paling sukses; anak-anak lebih cenderung mendengarkan orang tua mereka, dan cenderung tidak nakal. Menariknya, anak-anak dari orang tua yang permisif kurang menghargai orang tua mereka, tetapi tidak lebih atau kurang cenderung menjadi berandalan.

Yuk mulai belajar menjadi ibu bijak dan pintar untuk mempersiapkan anak menghadapi era digital. Fimela akan mengajakmu mengatahui lebih dalam tentang pola asuh anak di era digital dalam gelaran FIMELA FEST 2019. Acara tahunan ini akan berlangsung pada tanggal 11-17 November 2019 di Gandaria City.

Akan hadir Melly Amaya Kiong dalam talkshow bertajuk "Menyiapkan Anak Menghadapi Era Modern”. Melly Amaya Kiong adalah praktisi mindful parenting yang telah menerbitkan beberapa buku tentang pola pengasuhan anak mengutamakan kedekatan emosional.

Ingin tahu lebih banyak tentang mindful parenting? Daftarkan dirimu segera di sini dan dapatkan kesempatan untuk hadir di FIMELA FEST 2019!

Simak video berikut

#Growfearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓